Konflik Pemilu, Sampah dan Berkendara Ugal-ugalan Minta Direspons, Ini Tanggapan Wakapolres Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan Jumat curhat dan ngopi bareng bersama warga di wilayah hukumnya.

Acara dan ngopi bareng ini dipimpin langsung Wakapolres Konsel, Kompol Jupen Simanjuntak, bertempat di Balai Desa Lamong Jaya Kecamatan Laeya, Jumat (10/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, salah seorang perangkat desa Nursam mengungkapkan, bahwa biasanya ketika ada Pemilu selalu terjadi konflik yang berkepanjangan antar warga. Olehnya itu pihaknya meminta kepada pihak Polres Konsel untuk meresponsnya, agar kiranya hal ini tidak terjadi lagi.

Selain itu, perwakilan warga Lilis Sumaryani menyampaikan curhatannya, bahwa seringnya warga sekitar membuang sampah di tanah miliknya pada malam hari.

Serta, kelakuan anak sekolah yang dianggapnya sudah meresahkan warga karena ugal-ugalan berkendara saat pulang sekolah.

Menanggapi hal itu, Wakapolres Jupen menyampaikan, bahwa beda pilhan dalam Pemilu itu adalah hal yang biasa namun jangan dijadikan permasalahan yang menyebabkan konflik diantara warga.

“Perlunya pendidikan dan edukasi politik dari para penyelenggara Pemilu kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara terkait sampah, Jupen mengatakan, bahwa membuang sampah sembarangan adalah masalah etika dan moral yang tidak baik.

“Ibu dapat meminta kepada Bhabinkamtibmas atau pemerintah desa untuk membantu menyelesaikan hal ini dengan baik,” sarannya.

Terkait kenakalan remaja, yakni balapan liar dan ugal-ugalan saat pulang sekolah, Polsek Lainea akan melaksanakan Patroli pada tempat terjadinya gangguan Kamtibmas, sehingga masalah ini dapat diatasi.

Pada kegiatan Jumat curhat ini, Wakapolres juga memberi imbauan kepada warga agar mendukung terselenggaranya pesta demokrasi dengan menciptakan kedamaian dan hidup rukun di antara warga, serta mendukung Polri menciptakan rasa aman dalam setiap tahapan Pemilu serentak 2023-2024.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *