Kades Watumbohuti Konawe Selatan Tepis Tudingan Penggunaan JUT PT GAP

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kepala Desa (Kades) Watumbohuti, Kecamatan Palangga Selatan (Palsel) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rahman menepis sorotan Jaringan Aktivis dan Masyarakat Lingkar Tambang (Jamkarta) terkait dugaan pembiaran penggunaan Jalan Usaha Tani (JUT) oleh PT. Generasi Agung Perkasa (GAP) di wilayah desanya.

Menurut Rahman, tudingan Jamkarta tersebut tidak benar. Sebab faktanya, jalan yang berada di Dusun IV Desa Watumbohuti tersebut yang gunakan adalah warga setempat bukan perusahaan PT GAP.

“Jalan yang terletak di Dusun IV tersebut digunakan warga Watumbohuti sendiri, dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kebetulan rata-rata warga desa yang menjadi karyawan di PT GAP menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil, karena kalau mereka mau mengikuti jalan tambang sangat jauh memutar,” jelas Kades Watumbohuti, Rahman kepada media Oyisultra.com, Senin (6/5/2024).

Menurutnya, jalan yang dilintasi perusahaan terletak di Dusun II, dan pihak perusahaan sebelum melintasi jalan tersebut telah melakukan sosialisasi kepada warga.

“Perusahaan pada saat akan membangun Jety dengan melintasi jalan nelayan di Dusun II telah melakukan sosialisasi kepada warga, dan itu ada daftar hadirnya dan berita acara kesepakatan antara warga dan perusahaan,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, jalan tersebut di bangun bukan menggunakan dana desa (DD). Karena jalan yang dimaksud sudah ada sebelum ia menjabat Kepala Desa Watumbohuti.

“Jadi, sekali lagi saya tegaskan bahwa tudingan tersebut tidak benar. Jalan tersebut bukan jalan yang dibangun menggunakan dana desa,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *