Paparan Merkuri dari Ikan di Kawasan Pantai Daerah Kota Kendari

Oleh : Rosyita Sahri Bastian, Mahasiswa Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Mandala Waluya Kendari

Oyisultra.com, KENDARI – Salah satu sumber pangan berprotein tinggi yang melimpah di Indonesia adalah Ikan. Namun seiring berkembangnya Industrialisasi dan aktivitas manusia (pertanian, perkebunan) yang menyebabkan penurunan kualitas lingkungan yang diikuti oleh ketidak seimbangan ekologi telah menciptakan masalah kesehatan Masyarakat yang utama terkait dengan keamanan konsumsi ikan di daerah pertambangan dan Industrialisasi.

Masalah keamanan pangan Menjadi Sorotan karena lebih sering terjadi dan dapat memiliki dampak kesehatan jangka pendek dan jangka panjang serta Memberikan beban kesehatan yang signifikan pada penduduk. Salah Satu contohnya adalah kontaminasi Logam berat pada ikan (ikan air tawar dan Ikan air asin). Konsumsi ikan yang tercemar dapat menyebabkan gangguan Kesehatan pada berbagai kelompok umur.

Kontaminasi logam berat dapat menyebabkan gangguan Kesehatan melalui berbagai cara, seperti bioakumulasi dan biomagnifikasi dalam rantai makanan (konsumsi ikan yang terkontaminasi), konsumsi air yang terkontaminasi, dan penggunaan air permukaan untuk Mencuci dan Mandi setiap hari, konsumsi Ikan dan makanan laut dari laut yang tercemar adalah pintu masuk utama paparan logam berat pada manusia.

Kontaminasi pada logam berat pada manusia telah lama dipelajari untuk konsekuensi Kesehatan yang terkait. Kontaminasi merkuri diindikasikan sebagai agen penyebab beberapa gangguan termasuk Imunologi, Neurologis, Reproduksi, Motorik, Netrotogi, dan gantung beberapa kelainan genetik seperti Alzheimer, parkinson, Autisme lupus, dan Amyotrophic laterat sclerosis juga ditemukan berhubungan deng paparan logam berat.

Penelitian lain, meneliti efek metil merkuri pada and anak pada usia 10 tahun yang menghasilkan hubungan yang signifikan dengan perilaku Nevrotolisisitas perkembangan yang buruk. Ada penelitian yang melaporkan hubungan yang signinifikan antara merkuri darah dengan Inflamasi sistemik pada anak usia 9-11 tahun.

Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengidentifikasi kontaminasi merkuri pada Ikan (ikan air tawar dan ikan air asin) dan untuk melihat tingkat pengetahuan
penjual ikan mengenai kontaminasi merkuri pada Ikan, untuk mengetahui potensi kontaminasi merkuri yang terjadi akibat konsumsi produk perikanan- setting study ini berada di daerah pesisir di Kota Kendari.

Dipilihnya perairan pantai Kota Kendari, karena merupakan pusat perairan dan perikanan di kota tersebut dengan perkembangan Industri di Kota Kendari yang berkembang pesat, peningkatan jumlah Industri tersebut akan selalu diiringi dengan banyaknya permasalahan Lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan Industri tersebut.

Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan informasi dan edukasi kepada para penjual dan masyarakat mengenai pencemaran merkuri dan mendapatkan peta sebaran Pencemaran merkuri di perairan wilayah Kota Kendari.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *