Pilkada 2024, KPU Konawe Selatan Butuhkan 1.053 Anggota PPS

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) mulai melaksanakan seleksi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang.

Pendaftaran calon Anggota PPS pada Pilkada 2024 ini disambut antusias masyarakat Kabupaten Konawe Selatan. Hal ini terlihat dari padatnya jumlah pendaftar yang datang ke kantor KPU untuk menyetorkan berkas pendaftaran.

Jumlah Anggota PPS Pilkada 2024 yang dibutuhkan KPU Konawe Selatan dalam membantu pelaksanaan tahapan di tingkat desa dan kelurahan berjumlah 1.053 orang, yang terbagi di 351 Desa dan 15 Kelurahan se-Konawe Selatan (3 orang per desa kelurahan).

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM La Ode Darman melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Konsel, Eko Hasmawan Baso mengatakan, tahapan seleksi ini dimulai pada pendaftaran online Calon Anggota PPS melalui aplikasi SIAKBA. Selanjutnya pendaftar menyerahkan berkas fisik di Kantor KPU Konsel.

“Hari ini sudah hari ke lima KPU Konawe Selatan menerima fisik atau hardcopy berkas pendaftaran PPS sejak dibuka pada Kamis 2 Mei 2024,” kata Eko Hasmawan Baso saat ditemui awak media usai melakukan pemantauan penerimaan berkas di Kantor KPU Konawe Selatan, Selasa (7/5/2024) kemarin.

Menurut mantan Ketua Badko HMI Sultra ini, penerimaan berkas akan berakhir pada Rabu 8 Mei 2024 (hari ini red), dan selanjutnya akan dilakukan penelitian berkas.

“Bagi pelamar yang dinyatakan lolos atau berkasnya dinyatakan lengkap akan diumumkan sesuai jadwal pada 13 – 14 Mei mendatang,” jelasnya.

Setelah pengumuman penelitian administrasi, calon anggota PPS yang dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi tertulis pada 15 – 18 Mei mendatang.

“Tes tertulisnya nanti akan dilaksanakan melalui Computer Assisted Test (CAT). Untuk tempatnya akan disampaikan kepada peserta sebelum pelaksanaan tes,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *