Pj Wali Kota Launching HUT ke-192 Kota Kendari dengan Aksi Pungut Sampah

Oyisultra.com, KENDARI – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari, Pemerintah Kota (Pemkot) memulai rangkaian kegiatan dengan melakukan aksi bersih Teluk Kendari dengan konsep wisata pungut sampah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Papalimba Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli, Jumat (3/2/2023).

Aksi ini resmi dilaunching oleh Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu dengan melibatkan ribuan peserta mulai dari masyarakat sekitar seperti anak-anak, para nelayan, hingga kepala organisasi perangkat daerah serta TNI dan Polri memungut sampah di Teluk Kendari.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari menyerahkan surat keputusan (SK) petugas kebersihan kelurahan yang terdiri dari 3 orang setiap kelurahan.

Petugas ini akan bekerja membantu pihak kelurahan menjaga kebersihan, sebab urusan kebersihan merupakan salah satu tugas lurah yang diperintahkan Pj Wali Kota pekan lalu.

Di tempat itu juga, Asmawa Tosepu menyerahkan bibit pohon kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghijauan akan mulai dilakukan Pemkot Kendari setelah memangkas dan menebang sekira 1.400 pohon.

“Komitmen kami tidak hanya memotong dan memangkas, tetapi pada hari ini juga kita mulai menanam kembali. Kalau yang dipotong sampai kemarin 1400 sekian, maka hari ini kita secara simbolis menyerahkan 2 ribu pohon untuk ditanam kembali,” katanya.

Selain penyerahan SK dan bibit pohon, Pj Wali Kota melaunching aplikasi Layanan Unggul Berbasis Online atau disingkat LULO.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, perayaan HUT Kota Kendari akan dilakukan secara sederhana namun melibatkan masyarakat Kota Kendari secara luas.

Sebelumnya kata Sekda, rangkaian HUT Kota Kendari sudah dimulai dengan khitanan massal dilanjutkan dengan lomba olahraga, seni, budaya dan akan ditutup dengan zikir akbar tanggal 8 Mei 2023.

“Ada lomba puisi, lomba mombesara dan menerima o sara, kemudian ada karnaval budaya dari seluruh paguyuban yang ada di Kota Kendari dan lomba mosolori,” ujarnya.

Selain kegiatan di atas, rangkaian HUT ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut juga akan diisi dengan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti operasi bibir sumbing dan nikah massal.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *