Peran Penting Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Seperti apa peran orang tua dalam pendidikan anak yang seharusnya? Orang tua adalah orang yang pertama mengajarkan pendidikan kepada anaknya dari mulai balita, anak-anak hingga dewasa. Peran adalah aktivitas yang dijalankan seseorang atau suatu lembaga/organisasi. Peran yang harus dijalankan oleh suatu lembaga/organisasi biasanya diatur dalam suatu ketetapan. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian serta pelatihan.

Peran orang tua dalam pendidikan anak sebenarnya akan berkembang seiring bertambahnya usia anak. Misalnya, ketika masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, anak biasanya lebih bisa belajar sendiri tanpa didampingi, seperti ketika SD. Namun, sikap orang tua terhadap pendidikan dapat menginspirasi dan memberdayakan anak-anak saat mereka menempuh pendidikannya.

Jadi, penting bagi orang tua untuk terlibat secara aktif dalam pendidikan anak-anaknya. Namun, bukan berarti memonopoli dan mengatur semua hal tanpa mempertimbangkan pendapat anak, Peran orang tua dalam pendidikan anak maksudnya adalah bagaimana orangtua mendukung dan memastikan anaknya menerima dan menjalani pendidikan yang berkualitas.

Orangtua perlu membuat anak menyadari bahwa belajar adalah hal yang penting, menyenangkan, dan harus dilakukan. Di usia prasekolah anak lebih bergantung pada orang tua, sehingga ia akan mendengarkan dan menerima arahan orangtuanya dalam segala hal yang ia lakukan. Maka, orang tua perlu mengarahkan anak pada hal-hal yang baik. Termasuk menanamkan pentingnya menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Pusat pendidikan yang pertama terjadi di dalam lingkungan keluarga, pendidikan di lingkungan keluarga sangat strategis untuk memberikan pendidikan ke arah yang menuju kecerdasan, budi pekerti atau kepribadian serta persiapan hidup dalam bermasyarakat. Orang tua akan menjadi contoh bagi anak, anak biasanya akan menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tua nya, Sebagai orang tua harus bisa memberikan keteladanan dan kebiasaan sehari-hari yang baik sehingga dapat di contoh bagi anaknya.

Orang tua sebaiknya memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena peran orang tua sangat penting dalam proses pendidikan bagi mereka. Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman. Seperti saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak. Banyak yang mencapai kesuksesan setelah mereka menginjak usia dewasa dan terjun ke dalam dunia sosial yang sebenarnya. Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah.

Seperti orang tua yang terlibat di Sekolah Dasar (SD) akan menuai efek positif yang akan berlangsung seumur hidup anak. Jadi tidak hanya peran guru dan lingkungan yang penting tetapi peran orang tua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak.
Menurut Parent Teacher Association di Amerika, keterlibatan orang tua dalam pendidikan mengarah pada keberhasilan anak yang lebih besar dan peningkatan kepercayaan diri.

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak. Beberapa di antaranya yakni:

1. Hadir di Sekolah Jika Memungkinkan

Orang tua yang berusaha untuk hadir di sekitar sekolah menunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka peduli dengan pendidikan mereka, dan itu cukup penting untuk mendapatkan perhatian anak.Ruang kelas memiliki banyak kesempatan untuk terlibat, sehingga orang tua dapat memilih yang paling sesuai dengan jadwal mereka.

2. Tunjukkan Minat pada Tugas Sekolah Anak

Orang tua yang benar-benar tertarik dengan pendidikan akan mendukung perjuangan anak, misalnya dengan mendampingi anak saat mengerjakan tugasnya.Peran orang tua dalam mendidik anak juga dapat ditunjukkan sebagai pihak yang mendukung saat sulit dan bersama saat berbagi kegembiraan atas keberhasilan anak.

3. Ajak Anak Menyukai Sekolah

Orang tua mungkin berpikir bahwa tindakan keras adalah ara hyang tepat untuk menangani anak-anak yang mengatakan mereka tidak suka sekolah atau tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumah.Namun, orang tua yang menjaga sikap positif tentang pendidikan lebih cenderung memberikan pandangan cerah itu kepada anak.Sebab, anak kecil khususnya masih membentuk pikiran dan perasaan mereka terhadap sekolah.

4. Jadilah Panutan

Anak-anak akan mudah terinspirasi oleh apa yang dilakukan orang tua. Jadi, peran orang tua dalam mendidik anak bisa ditunjukkan dengan menjadi contoh yang baik.Orang tua adalah guru pertama anak-anak dan belajar hal pertama bersama-sama di rumah. Tunjukkan pada anak betapa menyenangkan kehidupan sekolah jika mereka memberikan yang terbaik.

5. Awasi Aktivitas Anak

Penting untuk mengawasi aktivitas anak di sekolah dan di rumah. Karena ini bisa mempengaruhi dengan cara mereka menyerap pelajaran baik di rumah atau sekolah.Beri nasihat dalam waktu yang tepat dan perbaiki setiap perilaku yang tidak baik sejak masa kanak-kanak. Bantu mereka untuk lebih teratur dengan rutinitas harian dan miliki cukup waktu untuk belajar.

6. Buat Suasana yang Menyenangkan

Peran orang tua dalam mendidik anak juga berhubungan dengan cara keduanya dalam membangun suasana yang menyenangkan, baik suasana untuk belajar ataupun kehidupan di dalam rumah yang hangat. Orang tua harus memastikan bahwa anak-anak memiliki suasana yang damai dan menyenangkan di dalam rumah.

7. Jalan-jalan Sambil Belajar

Mengajak anak jalan-jalan sambil belajar merupakan ide yang baik, sambil memilih beberapa tempat yang berkaitan dengan pelajaran anak.Melakukan perjalanan sesekali ke museum dan kebun binatang juga akan membantu mereka berinteraksi dengan alam dan mempelajari hal-hal yang baru.

8. Bangun Quality Time dengan Anak

Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Namun, sisihkan waktu untuk anak dan jangan biarkan mereka kesepian di rumah.Hadir dalam setiap momen penting anak juga bisa menjadi quality time yang baik. Buatlah ruang yang nyaman yang baik. Buatlah ruang yang nyaman dengan menjaga hubungan yang baik antara orang tua dan anak.Makan bersama dan bermain dengan mereka di waktu luang akan menjadi waktu bonding yang efektif.

9. Berbagi Pengalaman Pribadi

Ide yang baik bagi orang tua untuk berbagi beberapa pengalaman kehidupan saat bersekolah.Ini akan menjadikan peran orang tua dalam mendidik anak sebagai sosok untuk berbagi perasaan.Dapat mencakup pengalaman positif dan negatif untuk membantu anak untuk memahami pentingnya belajar.Juga menginspirasi dengan kisah sukses untuk mengajari mereka tentang pentingnya berusaha.Itulah beberapa peran orang tua dalam mendidik anak. Memaksimalkan peran orang tua dalam mendidik anak akan menjadi suntikan berharga untuk tumbuh kembang anak yang baik.

Oleh : Khoirunnisa, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *