Pastikan Harga Stabil Jelang Nataru, Pemda Muna Sidak Distributor Barang

Oyisultra.com, MUNA – Menjelang perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru), Pemerintah Daerah (Pemda) Muna melakukan inspeksi mendadak (Sidak) atau pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di sejumlah gudang para pedagang besar/distributor yang ada di Kabupaten Muna, Sabtu (24/12/2022).

Tidak hanya itu, pasar sentral Laino juga menjadi lokasi dilaksanakannya sidak untuk mengetahui jumlah harga kebutuhan pokok setelah melalui distributor barang.

Kegiatan sidak tersebut dipimpin langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Muna, Eddy Uga yang diikuti oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yaitu Asisten II La Ode Rimba Sua, Kasatpol PP, Kadis Perindag, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabag Ekonomi dan perwakilan dari Polres Muna.

Pada kesempatan ini, Asisten II La Ode Rimba Sua menjelaskan, bahwa terkait hasil sidak dari hasil pemantauan tim di sejumlah gudang distributor barang dan beberapa pelaku usaha seperti Bima Sakti, MGM dan pasar sentral Laino, Pemda Muna memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok masih terpantau aman menjelang natal dan tahun baru 2023.

“Sidak kita hari ini menyasar kebeberapa pelaku usaha, distributor barang dan pasar sentral Laino, hal ini untuk memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok tetap aman dan stabil,” ungkapnya.

Selain itu, Rimba Sua mengungkapkan, bahwa sidak ini juga untuk meninjau barang-barang yang kadaluarsa, dengan tujuan agar melindungi konsumen dari barang-barang yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi, karena barang-barang yang kadaluarsa sangat membahayakan bagi konsumen dan itu harus segera dimusnahkan.

“Tapi Alhamdulillah saat sidak ini, kami tidak menemukan barang kadaluarsa yang tetap dijual,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pedagang yang berjualan di pasar sentral Laino, Amrin mengatakan, bahwa untuk saat ini harga bahan pokok masih cukup stabil, tidak terkecuali harga beras yang sedikit mengalami peningkatan.

“Kenaikan harga bahan pokok seperti beras yang ukuran 50 Kg mencapai Rp 540 ribu, sedangkan harga yang lama itu Rp 510 ribu dengan harga eceran 9000/liter, untuk harga lain yang masih dalam kondisi stabil itu seperti bawang merah 35 ribu/kilo, bawang putih 35 ribu/kilo, minyak goreng 25 ribu/liter,” terangnya.

 

Penulis : NANDA

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *