DPMD Konawe Selatan Mulai Merekomendasikan Pencairan DD Tahap III 2023

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan pelayanan rekomendasi pencairan anggaran Dana Desa (DD) 20 persen tahap III tahun 2023.

Pelayanan rekomendasi pencairan tersebut berlaku untuk 336 desa yang tersebar di 25 kecamatan se-Konsel, hal itu diungkapkan oleh Kepala DPMD Konsel Drs Annas Mas’ud, Rabu (11/10/2023).

Menurut Annas, saat ini instansi yang dipimpinnya itu sudah mulai melakukan pelayanan pencairan DD.

“Jadi mulai besok, kita di DPMD Konsel mulai melaksanakan rekomendasi pelayanan pencairan DD 20 persen tahap III tahun 2023,” ujar Annas.

Lanjutnya, selain DD 20 persen, DPMD juga merekomendasikan pelayanan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap III.

Adapun salah satu syarat pencairan DD tahap III ini, yakni harus ada APBDes perubahan yang didahului dengan musyawarah desa (Musdes) perubahan.

Syarat tersebut, kata mantan Kadis Kominfo Konsel ini, dikarenakan adanya beberapa desa yang anggaran BLT DD nya tidak terserap 100 persen. Itu bisa dialihkan ke kegiatan lain, utamanya soal ketahanan pangan, penanganan stunting, serta penyertaan modal Bumdes.

“Kita inginkan musyawarah desa hasilnya berkualitas, sehingga belanja DD efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat yang mendesak. Yakni penanganan kekeringan dan lainnya, jadi mulai besok Pemerintah Desa (Pemdes), sudah bisa melakukan pengajuan pencairan DD tahap III tahun 2023,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *