Rusak Parah, Bupati Surunuddin Berharap Pj Gubernur Perhatikan Infrastruktur Jalan di Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kondisi jalan provinsi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat ini masih banyak yang memprihatinkan atau rusak parah, bahkan ada ruas jalan yang ditutup oleh warga karena kesal dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tidak memberikan perhatian.

Pemblokiran jalan tersebut terletak di ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Tinanggea, tepatnya di Desa Lalonggasu sejak 23 Agustus hingga saat ini.

Menyikapi itu, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga meminta kepada Pj Gubernur Sultra Komjend (Purn) Andap Budi Revianto untuk memberikan perhatian kepada daerah Konsel, khususnya pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

“Kita berharap Pj Gubernur Sultra untuk memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan provinsi di Konawe Selatan, sehingga sejumlah ruas dapat teraspal dan tidak lagi diblokir karena alasan debu di musim kemarau dan becek di musim hujan,” ujarnya kepada sejumlah awak media di rumah jabatan Bupati Konsel, Kamis (7/9/2023).

Orang nomor satu di Konsel ini menyebut, ruas jalan yang perlu mendapat perhatian pemerintah dan dianggap mendesak itu terdiri dari ruas jalan Alangga – Tinanggea, Ruas Andoolo – Motaha, ruas jalan Punggaluku – Andoolo dan lainnya.

“Sejak tiga tahun lalu, oleh kami sudah meminta ruas jalan tersebut untuk diserahkan kepada kami di daerah agar dapat kami bangun dan aspal sendiri. Tetapi itu juga tidak diserahkan, sehingga munculah aksi protes hingga diblokir,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Konsel Mbatono Suganda mengaku, jalan yang diblokir oleh warga di Desa Lalonggasu bakal dibuka oleh Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara pada hari ini 7 September 2023, sesuai dengan kesepakatan bersama saat digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Sultra yang dihadiri warga Lalonggasu, anggota DPRD Konsel, anggota DPRD Provinsi dan Kepala Bidang Bina Marga Provinsi Sultra bersama jajaran.

“Sesuai kesepakatan bersama saat RDP di DPRD Provinsi, hari ini 7 September akan dibuka blokir jalan ruas Alangga – Tinanggea di Lalonggasu bersama warga dan dari Dinas Bina Marga Provinsi Sultra. Kita berharap ini terealisasi, sehingga arus lalu lintas yang menghubungkan Konsel – Bombana via Tinanggea kembali normal,” kata Mbatono saat dihubungi terpisah.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *