Diduga Edarkan Sabu, Polres Muna Amankan Empat Pelajar Satu Mahasiswa

Oyisultra.com, MUNA – Tim Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Muna kembali mengamankan 5 orang Pemuda di Kecamatan Katobu terkait penyalagunaan barang terlarang atau narkotika jenis sabu, Senin dini hari (20/2/2023).

Kelima pemuda tersebut yakni AR (20), FN (18), MR (18), DA (19) dan R (18).

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menyampaikan, kelima pemuda tersebut diamankan setelah kedapatan mengedarkan dan menggunakan barang terlarang jenis sabu.

“Kami amankan rata-rata umur 18 tahun dan saling kenal satu sama lain. Mereka kategori pengedar dan pemakai,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di gedung Satresnarkoba Polres Muna, Selasa (21/2/2023).

Lanjutnya, upaya penegakan hukum yang dilakukan tim lidik Sat Resnarkoba Polres Muna bermula saat mendapatkan informasi pada Minggu sekitar pukul 14.30 Wita (19/2/2023), salah satu target yakni MR diketahui keberadaannya.

Diduga Edarkan Sabu, Polres Muna Amankan Empat Pelajar Satu Mahasiswa
Kapolres Muna saat menunjukkan barang bukti sabu

Tim mengetahui MR telah menerima paket sabu dan setelah dilakukan penyelidikan pada Senin dini hari didapati disalah satu rumah di jalan Jati. Saat itu juga tim langsung masuk dan melakukan penggeledahan. Hasilnya ditemukan sejumlah barang bukti (BB) terkait penyalagunaan narkoba jenis sabu.

“Saat itu ditemukan BB 13 sachet kristal bening yang diduga sabu, dan 4 pipet, 1 buah alat hisap, 2 hp, beberapa potongan pipet, 1 timbangan digital dan motor yang digunakan sebagai mobilisasi transaksi sabu,” terangnya.

Mulkaifin menyebut, MR mendapatkan sabu dari KN di Baubau dengan sistem tempel dan pembayaran via transfer. Dari penangkapan itu sabu berjumlah 25,60 gram berhasil diamankan.

Sementara itu, diantara kelima pelaku salah satu diketahui masih berstatus mahasiswa semester empat kampus ternama di Kota Kendari. Selain itu, satu pelaku yakni MR dilakukan tindakan terukur dengan cara dilumpuhkan menggunakan timah panas karena mencoba melarikan diri.

“Selanjutnya kami melakukan pemeriksaan intensif untuk mengungkap jaringan dan mengamankan para pelaku. BB yang diduga sabu, urine dan darah sudah kami kirim ke Labfor Makassar guna memastikan kandungannya,” pungkasnya.

Atas perbuatan itu, para pelaku dikenai pasal 114 ayat (1) jo. pasal 132 ayat (1) subs. pasal 112 ayat (1) jo. pasal 132 ayat (1) lebih subs. pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman minimal pidana kurungan penjara 6 tahun dan maksimal 20 tahun.

Penulis : FAISAL SM
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *