Rasmin Jaya Sambut Baik Program Beasiswa Pemda Muna Barat

Oyisultra.com, KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat (Mubar) terus memaksimalkan dan mendorong potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, dengan menyiapkan beasiswa daerah untuk melanjutkan pendidikan sekaligus mengurangi beban orang tua peserta didik.

Upaya Pemda Mubar itu, dengan menyiapkan anggaran khusus untuk membantu biaya pendidikan yang diprioritaskan bagi mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, baik untuk tingkat Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2) beasiswa bagi penghafal Alquran, dan beasiswa bidang olahraga dan seni.

Beasiswa tersebut telah dipersiapkan dalam APBD sebesar Rp 800 juta, dimana Rp 300 Juta untuk S2 dan Rp 500 juta untuk S1.

Menanggapi kebijakan tersebut, salah seorang Pemuda asal Muna Barat, Rasmin Jaya sangat mengapresiasi langkah Pemda dan menyambut itikad baik Penjabat (Pj) Bupati dalam hal ini, Dr Bahri atas perhatiannya terhadap generasi muda.

Tentu dengan adanya beasiswa tersebut sangat membantu, serta akan lebih antuasias lagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Program ini menjadi peluang dan kesempatan siapa saja untuk melanjutkan pendidikan khususnya generasi yang mempunyai potensi, prestasi disegala bidang keilmuan dan olahraga,” ujarnya.

Generasi Muda Barat tak bisa melewatkan kesempatan ini, semua harus menjemput peluang. Kalau SDM-nya maju menjadi penopang berkembangnya perekonomian dan pembangunan daerah yang lebih baik lagi.

Eks Ketua Kesatuan Pemuda Mahasiswa Maperaha (KPMM) 2019-2020 ini melihat, bahwa beasiswa daerah menjadi program strategis yang bertujuan menjaring dan menciptakan SDM unggul dan bisa bersaing disegala sektor.

Ia juga membeberkan, program beasiswa pemerintah daerah harus menjadi inspirasi dan tekad baru dalam mendorong mahasiswa tetap semangat berprestasi. Karena dengan itu, maha­siswa Muna Barat terus semangat menempuh pendidikan, agar tidak ada yang putus sekolah hanya karena keterbatasan ekonomi.

“Selama ini kami tidak pernah mendapatkan kejutan seperti ini, selain dari pada wacana pembangunan asrama Muna Barat ternyata ada program baru yang sangat membantu masyarakat,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, bahwa program apapun Pemerintah Daerah Muna Barat ke depan akan terus dikawal, serta mendukung kepemimpinan Pj Bupati Muna Barat dalam mengentaskan permasalahan di tengah masyarakat.

“Apalagi setelah perpanjangan masa jabatannya, hari ini menjadi Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat sangat banyak sekali program yang menyentuh masyarakat kalangan bawah, petani, nelayan dan tukang ojek,” pungkasnya.

Terakhir Ketua DPC GMNI Kota Kendari periode 2023-2025, menyampaikan agar pemuda dan Pemda bisa menjadi mitra kritis pemerintah untuk mengawal program yang pro rakyat.

Apalagi dengan adanya bantuan pendidikan, bagian dari upaya mengurangi angka pengangguran dan membantu ekonomi masyarakat yang kurang mampu, terpenting bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan lebih baik ke depan.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *