Pemkab Muna Gelar Musrenbang dan Penyusunan RKPD 2024

Oyisultra.com, MUNA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muna tahun 2024, Selasa (7/03/2023).

Berdasarkan RKPD Kabupaten Muna tema pembangunan tahun 2024 mengenai “Pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas guna mewujudkan pembangunan manusia yang unggul dan kompetitif serta tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat”.

Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Kabawo, tepatnya di gedung pabrik jagung yang belum lama diresmikan ini mendapatkan masukan dari sejumlah stakeholder sebagai langkah penyempurnaan rancangan kerja Kabupaten Muna tahun 2024.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muna, La Mahi menjelaskan, bahwa pelaksanaan Musrenbang ini adalah salah satu rangkaian tahapan perencanaan, setelah melaksanakan penjaringan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang tingkat desa, kelurahan, dan tingkat kecamatan untuk menyusun dokumen RKPD.

“Diharapkan hasil pelaksanaan Musrenbang tahun 2023 dapat menyepakati hal-hal seperti menyepakati isu strategis, permasalahan pembangunan, menyepakati tema pembangunan, dalam menyepakati prioritas pembangunan tahun 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muna L.M Rusman Emba menerangkan, bahwa kegiatan Musrenbang ini untuk mengetahui semua permasalahan yang ada di Kabupaten Muna sebagai bahan rancangan akhir RKPD tahun 2024.

“Saat ini yang menjadi skala prioritas pembangunan Kabupaten Muna tahun ini pada sektor perekonomian untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Muna,” terangnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta, Sekda Eddy Uga, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Batara Siogion, Anggota DPD RI Wa Ode Rabiah Al Adawia, jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD, seluruh camat dan para kepala desa se-Kabupaten Muna.

Penulis : E. VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *