Serap Keluhan Warga, Kapolres Konawe Selatan Gelar Ngopi Bareng di Mowila

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dalam rangka menyerap keluhan masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan Jumat Curhat dan Ngopi Bareng bersama warga.

Ngopi bareng tersebut dipimpin langsung Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo SH SIK M.Si bersama warga Desa Monapa Kecamatan Mowila, bertempat di rumah pribadi Kadis Nakertrans Konsel, Drs I Gusti Adi Suantara M.Si, Jumat (30/12/2022).

Dalam Jumat curhat dan ngopi bareng tersebut masyarakat Desa Monapa mencurhatkan permasalahan yang di alami, pada umumya masyarakat Kecamatan Mowila yang sebagian besar profesinya sebagai petani mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi, sehinga petani Desa Monapa dan warga Kecamatan Mowila pada umumnya membeli pupuk non subsidi dengan harga yang begitu tinggi.

Selain itu, warga Desa Monapa juga mengeluhkan jalan swadaya masyarakat yang sering dilintasi mobil yang muat kelapa sawit. Sehingga jalan tersebut  mengalami kerusakan dan hal tersebut sangat merugikan masyarakat yang membuat jalan swadaya tersebut.

Serta, hewan Kerbau milik warga yang berada di rens Kerbau di Desa Monapa sering keluar rens dan merusak tanaman padi milik warga  yang mengakibatkan tanaman padi milik warga menjadi rusak. Pihak perusahan PT Merbau Jaya tidak memberikan plasma kepada warga pemilik lahan sawit selama 2 tahun, dan masyarakat petani Desa Monapa membutuhkan bibit padi yang baik dan unggul dan berlabel.

Mendengar beberapa poin curhatan warga Desa Monapa, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo memberikan solusi yaitu, terkait masalah kelangkaan pupuk yang dialami warga pihaknya berjanji akan  berkoordinasi dengan Kadis Pertanian Konsel, agar warga Desa Monapa tidak lagi mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi.

“Terkait mobil sawit yang sering melintasi jalan yang di buat swadaya oleh masyarakat Desa Monapa kami akan berkoordinasi dengan Kadis Perhubungan Konsel, agar diarahkan anggota DLLAJ untuk menjaga dan memberi kupon retribusi kepada mobil yang mengangkut barang dalam hal ini mobil pemuat sawit,” ujar Wisnu Wibowo.

Terkait dengan ternak kerbau yang sering merusak tanaman padi milik petani sawah, kata dia, Ia akan mengkoordinasikan kepada Bupati Konsel serta akan mengecek langsung ke lapangan terkait pengrusakan tanaman padi sawah oleh ternak kerbau tersebut.

Sedangkan terkait belum diberikannya plasma oleh pihak perushan PT Merbau Jaya Indah Raya kepada masyarakat pemilik lahan, Wisnu akan berkoordinasi dengan pihak perusahan PT Merbau Jaya Indah Raya agar plasma segera di berikan kepada pemilik lahan.

“Kalau terkait masalah warga yang membutuhkan bibit padi yang unggul dan berlabel kami akan segera mengkoordinasikan kepada Kadis Pertanian Kabupaten Konsel,” katanya.

Kegiatan Jumat Curhat dan Ngopi Bareng Kapolres Konawe Selatan  bersama warga ini, bertujuan untuk  menunjukkan bahwa Polri adalah mitra masyarakat. Selain itu untuk mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga Kamtibmas.

Disisi lain, Polri ingin menunjukkan pentingnya Polri untuk berbaur kepada masyarakat khususnya disekitar tempat tinggal, baik sebagai pendengar apa yang menjadi keluhan warga ataupun sebagai problem solving sehingga kepercayaan Polri di tengah-tengah masyarakat tetap terjaga dan Kamtibmas di wilayah masing-masing tetap aman dan kondusif.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kapolres Konawe Selatan AKBP Wisnu Wibowo, Kadis Nakertrans I Gusti Adi Suantara, Kasat Binmas Iptu Irham Tahir, Camat Mowila Hariyanto Liambo, Kapolsek Mowila Iptu Nyoman Sugiana, Kades Monapa Nyoman Sumo, Kades Lamolori Komang Pirmayuda, Kades Ranombayasa Gede Budi, Kades Mataiwoi Nasrun Kalenggo, serta masyarakat Desa Monapa.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *