Diwarnai Kericuhan, Warga Blokade PSU Pilkades Parigi Muna

Oyisultra.com, MUNA – Tahapan pemungutan suara ulang (PSU) empat desa pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) digelar hari ini, Rabu (28/12/2022).

Salah satu desa yang akan melaksanakan PSU yaitu Desa Parigi yang saat ini diwarnai kericuhan, pendukung calon kepala desa (cakades) terpilih menghalangi dan melarang warga serta anggota KPPS untuk melakukan proses pemungutan suara.

Pendukung Cakades terpilih La Ode Muhamad Nurasim menolak PSU yang dijadwalkan mulai dilaksanakan pukul 08.00 WITa. Bukan hanya itu pendukung Cakades terpilih memprotes terbentuknya PPKD dan KPPS yang baru.

“Kami selaku warga Desa Parigi saat ini menolak terlaksananya pemilihan suara ulang yang akan dilakukan oleh KPPS” ungkap La Ode Muhamad Nurasim Cakades terpilih.

Sementara itu, salah seorang pendukung Cakades terpilih, La Ode Ghombo juga mengatakan, bahwa PSU yang dilakukan saat ini dianggap ilegal karena sama sekali tidak termuat dalam aturan dasar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Menurut kami Pilkades Parigi sudah ada pemenangnya dan tidak perlu ada lagi PSU,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Parigi Iptu La Sotti mengatakan, pihak keamanan siap mengamankan jalannya pelaksanaan PSU agar kondisi warga Desa Parigi tetap kondusif.

“Kami dari Polsek Parigi tetap mengerahkan anggota dengan dibantu BKO dari Polres Muna yang siap mengamankan PSU di Desa Parigi,” tegasnya.

Sampai berita ini diterbitkan pelaksanaan PSU di Desa Parigi belum terlaksana. Sementara pihak kepolisian tetap melakukan penjagaan disekitar TPS untuk mengantisipasi tindakan provokatif dari warga.

 

Penulis : NANDA

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *