Peringati Hari Ibu ke-94, Bupati Konsel Apresiasi Pemimpin Perempuan di Konsel

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dilaksanakan setiap 22 Desember setiap tahun merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) PHI dirangkaikan dengan perayaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Hari Dharma Wanita Persatuan (DWP). Peringatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Acara PHI ke-94 2022 Pemda Konsel dilaksanakan di Auditorium lantai 3 Kantor Bupati Konsel, yang dihadiri langsung, Ketua TP PKK Hj Nurlin Surunuddin, Kajari Hj Herlina Rauf, Ketua Komisi II DPRD Nadira, para Kepala OPD, serta seluruh pengurus DWP Konsel. Kamis (22/12/2022).

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga dalam sambutanya mengatakan, dimomen Hari Ibu ini Ia meminta aparaturnya untuk tidak lagi mempersoalkan perbedaan gender. Karena menurutnya, kepemimpinan seorang ibu itu sudah terbukti khususnya di Konsel.

“Kajari, Sekda dan sebagian besar kepala OPD kita itu Perempuan bahkan Kepala DP3A saat ini juga perempuan. Mereka-mereka itu sudah teruji sebagai perempuan yang tangguh dalam memimpin,” jelas Surunuddin dalam sambutannya saat membuka acara peringatan Hari Ibu Pemda Konsel.

Olehnya itu, mantan Ketua DPRD Konsel ini mengajak untuk saling bahu-membahu dalam mendorong program pembangunan di Konawe Selatan. “Apa lagi yang mau diragukan peran dari ibu-ibu selain sebagai pemimpin OPD mereka juga sebagai ibu rumah tangga yang tangguh dalam mengurus keluarga. Jadi sangat patut kita berikan apresiasi,” kata Surunuddin.

Surunuddin juga memuji peran DP3A sebagai Ketua Panitia dalam melaksanakan berbagai konsep lomba tiap OPD. “Bahkan saya sendiri ikut terlibat dalam lomba itu, untuk itu hari ini saya ucapkan selamat kepada ibu-ibu,
Mari warnai PHI dengan peran kerja dan karya nyata dari kita semua untuk Kabupaten Konawe Selatan yang tercinta,” ajaknya.

Kepala DP3A Konsel, Hj Hafsah yang juga sebagai Ketua Panitia PHI ke-94 mengatakan, tema sentral peringatan Hari Ibu ke-94 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 serta hari DWP ke-23 tahun 2022 adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

“Tujuan PHI menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia secara terorganisasi dan bergerak sejajar dengan kaum pria,” terang Hafsah

Mantan Sekretaris Dinas (Sekdis) Kominfo Konsel ini menerangkan, dalam rangka PHI, HKG PKK dan Hari DWP 2022 panitia penyelenggara mengadakan berbagai jenis perlombaan dan pertandingan. Pertama, pertandingan bola gotong antar OPD dan antar Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan lomba fashion show.

“Kemudian lomba masak nasi goreng dengan peserta pimpinan OPD, lomba pidato, lomba nasi tumpeng, bazar produk UP2K,” jelas dia.

Selain lomba, kata Hafsa, pihaknya juga melakukan penyerahan bantuan langsung kepada kelompok UP2K di 25 Kecamatan, bantuan berupa peralatan pembuatan kue dan pembuatan kripik masing-masing kecamatan mendapatkan 2 bantuan yang diserahkan langsung oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga.

“Saya berharap semoga kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang ceremony perlombaan saja, akan tetapi dijadikan sebagai ajang dan momentum untuk mempererat silaturahmi, lebih berperan dan berkontribusi bagi keluarga, serta masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *