Musdes Realokasi DD 2022 Sawa Indah Wawonii Utara Ketahanan Pangan dan Penanganan Stunting

Oyisultra.com, KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Sawa Indah Kecamatan Wawonii Utara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar musyawarah desa (Musdes) realokasi sisa anggaran tahun 2022.

Hasil Musdes yang telah disepakati adalah, pembangunan satu unit duiker, pengadaan lampu jalan 7 (tujuh) unit, program ketahanan pangan dan program penanganan stunting.

Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Sawa Indah Kecamatan Wawonii Utara, Mansyur Gege, Selasa (13/12/2022).

Menurut Mansyur, mulainya proses kegiatan ketahanan pangan Desa Sawa Indah yaitu pada 5 November 2022 lalu. Ketahanan pangan adalah sebuah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya.

Contohnya, kata dia, sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan.

“Dan Desa Sawa Indah telah melakukan pinjam pakai lokasi untuk ketahanan pangan dengan menanam 11 jenis tanaman, yakni
bayam, kangkung, kacang panjang, timun, paria, gambas, terung, sawit, lombo, jagung dan tomat,” jelas Mansur.

Sumber anggaran tersebut, lanjut dia, yaitu hasil realokasi BLT DD dengan total anggaran Rp. 168.103.200.,

“Realokasi Dana Desa atau sisa anggaran BLT diporsikan pada pembangunan yang sebelum telah disepakati melalui musyawarah desa salah satunya program ketahanan pangan, penanganan stunting dan lain-lain, sehingga realokasi Dana Desa atau sisa anggaran BLT itu dimanfaatkan kepada masyarakat desa sesuai rencana dan tepat sasaran. Pemanfaatan realokasi dana desa harus sesuai dan tepat sasaran, Transparan dan akuntabel,” pungkasnya.

Penulis : FAISAL
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *