DPMPTSP Konsel Berikan Solusi Permasalahan yang Dihadapi Pelaku Usaha

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyelenggarakan Penyelesaian Permasalahan dan Hambatan yang dihadapi Pelaku Usaha di Hotel Plaza Kubra Kota Kendari, Selasa (6/12/2022).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mencarikan solusi atas permasalahan atau kendala yang dihadapi para pelaku usaha di Kabupaten Konawe Selatan.

Kepala Dinas DPMPTSP Konsel, Drs I Putu Darta MT mengungkapkan, bahwa DPMPTSP Konsel mendapat stimulan dari DAK NF untuk mendorong agar penanaman modal di Konsel bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Karena mungkin permasalahan bukan hanya di internal pemda melainkan permasalahan para pelaku usaha. “Seperti halnya perizinan yang sudah melalui OSS RBA, regulasi yang menyesuaikan Undang-Undang Cipta Kerja, dan sebagainya,” kata dia.

Disebutkan Putu, melalui kegiatan ini, permasalahan yang dihadapi bisa disampaikan dan didiskusikan, kemudian mencari solusi. “Kalau bisa diselesaikan disini Alhamdulillah atau dikonsultasikan ke pusat atau BKPM sehingga Pemda bisa menfasilitasi jika masalah muncul,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP Konawe Selatan, M.Hamdar S.Sos M.Si menerangkan, bahwa dalam kegiatan ini dibahas permasalahan dan hambatan pelaku usaha dalam menjalankan usaha di Kabupaten Konsel.

“Ini kami identifikasi permasalahannya, apakah pengajuan Perizinan Bangunan Gedung (PBG), permodalan, pemasaran, lingkungan atau ketenagakerjaannya. Kami melakukan dengan mengundang berbagai narasumber dari DisHub, Nakertrans, tenaga Profesional/ pendamping OSS dan DLH Kabupaten Konsel,” paparnya.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan yang digelar selama delapan hari ini diikuti oleh 8 pelaku usaha dari berbagai sektor. “Hari ini fokus ke perizinan limbah B3 jadi peserta yang ikut yakni pelaku usaha dari sektor perindustrian dan lingkungan Hidup. Untuk selanjutnya kegiatan ini fokus pada permasalahan ketenagakerjaan,” beber Hamdar.

Lanjut dikatakan Hamdar, tujuan kegiatan ini yakni mencarikan solusi atas hambatan pelaku usaha sehingga ke depannya usaha mereka dapat optimal. Dengan demikian juga meningkatkan capaian investasi di Kab Konsel.

“Pelaku usaha nantinya juga akan intensif atau tertib dalam melaporkan kegiatan usahanya. Ini kami lakukan bertahap untuk mengoptimalkan capaian investasi penanaman modal di Kab KonaweSelatan,” pungkasnya.

 

Penulis : MAN

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *