KPUD Mubar Gencar Sosialisasikan Pembentukan Badan Ad Hoc Melalui Aplikasi SIAKBA

Ketgam : Para peserta saat mengikuti sosialisasi pembentukan Badan Ad Hoc (PPK-PPS) Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Muna Barat. Rabu (10/11/2022)

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) gencar melakukan sosialisasi tahapan pembentukan PPK dan PPS atau Badan Ad Hoc melalui Aplikasi SIAKBA.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua KPU Mubar, Awalaudin Usa saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi dan koordinasi persiapan tahapan pembentukan badan Ad Hoc di gedung serba guna Desa Sukadamai, Rabu (9/11/2022).

Pada kegiatan itu juga hadir para Camat, Kepala desa dan Ketua Karang Taruna se Tiworo Raya.

Awalaudin menyampaikan, bahwa sosialisasi dan koordinasi dilakukan guna mempersiapkan pelaksanaan tahapan pembentukan Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

“Badan Ad Hoc ini diantaranya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Rencananya untuk PPK akan dimulai pada tanggal 20 November 2022 serta PPS pada tanggal 1 Desember 2022,” ujar Awaludin.

Lanjutnya, sesuai dengan peraturan Perundang-undangan proses rekrutmen Anggota PPK dan PPS dilakukan melalui dua tahap, yaitu tertulis dan wawancara.

Adapun tahapan-tahapan pembentukan Badan Ad Hoc antara lain pengumuman, pendaftaran, verifikasi administrasi, tes tulis, tes wawancara, dan penetapan calon terpilih menjadi penyelenggara Badan Ad Hoc.

“Sedikit berbeda dari perekrutan pada Pemilu dan Pemilihan sebelumnya, untuk Pemilu dan Pemilihan 2024 proses pendaftarannya melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA),” terangnya.

Awaludin menyebut, dengan diluncurkan aplikasi SIAKBA pendaftaran Badan Ad Hoc dilakukan secara online, dengan pertimbangan diutamakan usia 17 sampai 55 tahun serta benar-benar memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

Aplikasi tersebut memudahkan seluruh masyarakat untuk benar-benar memiliki kesempatan sama untuk mendaftarkan diri, berbeda dengan sebelumnya harus repot mengantarkan berkasnya ke kantor KPU.

Lebih lanjut, Awaludin menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di tiga wilayah besar yakni Tiworo Raya, Kusambi Raya dan Lawa Raya.

Awal juga berharap kepada para camat, kepala desa dan ketua karang taruna guna mendukung KPU dalam mensosialisasikan tahapan penerimaan badan Ad Hoc.

Sehingga antusias masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai anggota ppk dan pps semakin banyak, sehingga kami bisa lebih teliti dalam menentukan diantara banyak pilihan mana yang terbaik untuk menjadi penyelenggara.

“Kami akan terus menyampaikan ke semua stakeholder termasuk di wilayah pulau-pulau kecil yang ada di Mubar. Sehingga ini benar-benar sampai ke seluruh masyarakat Mubar,” ucapnya.

Turut hadir pada sosialisasi di Desa Sukadami itu, Ketua Divisi SOSDIKLIH, PARMAS dan SDM (La Ode Muh. Nuzul Ansi) dan Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Alirun Asa).

Penulis : YUS
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *