Gegara Sirekap KPU Konawe Selatan Skors Pleno, Ini Tanggapan Bawaslu

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menskors rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten, yang dilaksanakan di Hotel Wonua Monapa Resort, Jumat (1/3/2024).

Skorsing dilakukan oleh pimpinan rapat pleno oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan, Muh Yunan S.Kom.

Dalam rapat pleno tersebut pimpinan rapat melakukan skorsing selama 15 menit. Pasalnya, beberapa kecamatan yang dijadwalkan membacakan hasil perhitungan dan pemungutan suara di tingkat kecamatan masih terkendala koneksi pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Menanggapi itu, Ketua Bawaslu Konawe Selatan, Siambu S.Pd mengatakan, bahwa skorsing yang dilakukan KPU karena masih terkendala dalam sistem aplikasi Sirekap.

“Ini kita melihat sama-sama pleno sudah dibuka. Aplikasi sirekap kurang bagus. Makanya kami minta KPU untuk menskorsing pleno. Agar kita melihat kecamatan mana yang sudah finalisasi dan terkoneksi aplikasi Sirekap,” kata Siambu.

Siambu mengungkapkan, sebelumnya pleno di tingkat kecamatan penggunaan aplikasi Sirekap telah terupload dan beberapa telah tuntas.

“Ini tinggal teknis saja agar Sirekap bisa ditampilkan pada saat pleno tingkat kabupaten,” ungkap Siambu.

“Kalau masih terjadi kendala ini sampai jadwal yang telah ditentukan, kita akan diskusikan oleh KPU langkah-langkah apa yang bakal dilakukan,” tambah Siambu.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *