KPU Konawe Selatan Gelar Simulasi Pungut Hitung dan Penggunaan Sirekap Pemilu 2024

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar simulasi pemungutan, penghitungan (pungut hitung) dan rekapitulasi hasil penghitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Kegiatan simulasi itu dibuka oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Pengawasan KPU Sultra, Suprihati Prawati Nengtias SP MP, bertempat di Kecamatan Palangga, Konsel, Minggu (24/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Konsel, Muh Yunan menjelaskan, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan langkah persiapan KPU Konawe Selatan menuju hari pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara serta penggunaan Sirekap, agar semua badan adhoc lebih memahami proses pungut hitung pada Pemilu yang sebentar lagi diselenggarakan,” jelas Yunan.

Yunan menambahkan, simulasi juga bertujuan agar badan ad hoc atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat membimbing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing wilayah kerjanya.

Simulasi pungut hitung tersebut juga dihadiri oleh Komisioner KPU Konawe Selatan, Divisi Tekhnis Pemilu, Eko Hasmawan Baso S.Sos, Komisioner Divisi Perencanaan Informasi dan Data, Anton Roberto S.Sos, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas dan SDM), Laode Darman S.Sos M.Hum, Sekretaris KPU, Aila S.Sos dan jajaran serta perwakilan PPK dan PPS se-Konawe Selatan.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *