Rutan Unaaha dan Polres Konawe Jalin Kerja Sama Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru 2024

Oyisultra.com, KONAWE – Menjelang perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha menerima kunjungan Kepolisian Resor (Polres) Konawe. Kunjungan ini dalam rangka melakukan koordinasi peningkatan keamanan, serta meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di akhir tahun 2023 sekaligus patroli sambang ke Rutan Unaaha.

Hal ini juga merupakan bentuk sinergitas dan koordinasi dari Rutan Unaaha dengan pihak Kepolisian. Dengan sinergitas dan koordinasi tersebut maka dapat dilakukan langkah-langkah deteksi dini, sehingga segala kendala di lapangan dapat teratasi.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menindak lanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Nomor Pas-2077.Pk.08.05 Tahun 2023 Tentang Peningkatan Kewaspadaan menghadapi perayaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Koordinasi tersebut dilaksanakan langsung oleh Kasat Tahti Polres Konawe, Edy Kelana yang disambut langsung Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono di ruang kerjanya, Senin (18/12/2023).

Saat dikonfirmasi Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono mengatakan, bahwa sesuai dengan Surat Edaran Dirjenpas dalam peningkatan keamanan dan ketertiban selama kegiatan ibadah warga binaan pemasyarakatan (WBP) maupun pelaksanaan tahun baru.

“Kita melakukan koordinasi dengan Polres setempat yakni Polres Konawe. Selain itu kami juga tidak lupa tetap mempersiapkan apa yang menjadi hak WBP yaitu pemberian Remisi Natal,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Tahti Polres Konawe, Ipda Edy Kelana menyampaikan, bahwa sinergitas yang telah berjalan baik tentu akan terus ditingkatkan menjadi lebih baik, dan Polres Konawe juga menyatakan siap membackup gangguan kamtibmas jika dibutuhkan jelang natal dan tahun baru 2024.

“Selama perayaan Natal dan Tahun Baru kami siap mengerahkan pasukan untuk membantu dalam peningkatan kewaspadaan dan pengamanan Lapas melalui patroli sambang secara bergantian,” ungkap Edy.

Untuk diketahui, pertemuan tersebut juga membahas tentang penjanjian kerja sama (PKS) antara Rutan Unaaha dan Polres Konawe di bidang kemanan dan ketertiban yang telah ditandatangani beberapa tahun lalu.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *