Dorong Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2024, KPU Konawe Selatan Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih di Mowila

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dengan menyasar basis pemilih keluarga di Kecamatan Mowila, Jumat (15/12/2023).

Koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) KPU Konsel, Anton Roberto S.Sos mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 tahun 2022 tentang partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu).

Selain itu, lanjut Anton, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang Pemilu, seperti meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilu, serta dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

Serta, sambung Anton, dalam kegiatan sosialisasi tersebut pihaknya juga memberikan pemahaman tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilu, proses dan tata cara teknis penyelenggaraan pemilu, agar masyarakat dapat mendapatkan informasi yang utuh tentang apa yang sedang dikerjakan KPU secara kelembagaan.

“Harapan KPU Konawe Selatan dengan terus mengefektifkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik pemilih agar kiranya bisa menekan angka golput. Begitu juga mendorong tingkat partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Konawe Selatan,” ujar Anton.

Dengan informasi yang didapatkan dalam kegiatan ini, tambah Anton, masyarakat mampu mendistribusikan pikiran secara benar dan bertanggung jawab kepada masyarakat lain agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan secara adil, aman dan berintegritas.

“Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih juga akan dilaksanakan di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) dengan segmen basis pemilih berbeda,” pungkasnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *