Resmikan Fasilitas Air Bersih di Tongkuno, Bupati Muna: Apa yang Menjadi Harapan Masyarakat Kita Wujudkan

Oyisultra.com, MUNA – Setelah puluhan tahun menanti warga Desa Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna akhirnya bisa menikmati air bersih.

Fasilitas air bersih itu diresmikan secara simbolis oleh Bupati Muna LM. Rusman Emba, bertempat di Balai Pertemuan Desa Oempu Kecamatan Tongkuno, Kamis (8/10/2023).

Rusman Emba menyampaikan, bahwa masalah perpipaan yang sebagian belum masuk ke rumah warga, akan menjadi prioritas utama pada APBD tahun 2024.

“Masalah perpipaan yang sebagian belum masuk kerumah warga, akan kita siapkan Rp 1.2 Miliar melalui APBD 2024,” imbuhnya.

Bupati Muna dua periode itu mengatakan, bahwa untuk mempercepat akses menuju lokasi objek wisata, Pemerintah Daerah (Pemda) akan merealisasikan perbaikan jalan melalui APBD sebesar Rp 2.5 Miliar untuk jalan menuju obyek wisata danau Moko dan pantai Morano.

“Insyaallah, dengan adanya program pembangunan pemerintah daerah, apa yang menjadi harapan masyarakat Muna dapat kita wujudkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Oempu, Safar merasa bersyukur dengan masuknya program Pamsimas, sehingga warganya dapat menikmati fasilitas air bersih secara langsung.

“Alhamdulillah desa Oempu mendapatkan kucuran dana 400 juta melalui program Pamsimas yang bersumber dari APBN untuk pemenuhan fasilitas air bersih,” ungkap Safar.

Lanjut Safar, selain Program Pamsimas Desa Oempu juga mendapatkan anggaran melalui Kementerian Desa (Kemendes) sebagai desa wisata untuk pengembangan obyek wisata danau Moko.

“Kami juga mendapatkan bantuan untuk pengembangan objek wisata melalui Kemendes sebanyak 450 juta untuk pembangunan 3 unit Gazebo, 8 unit lapak dan 1 unit ruang ganti/WC,” pungkasnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *