Irigasi Kering, Ratusan Hektar Sawah di Konawe Kepulauan Gagal Panen

Oyisultra.com, KONAWE KEPULAUAN – Akibat krisis air, ratusan hektar sawah milik petani di Desa Ladianta, Kecamatan Wawonii Timur Laut, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) gagal panen.

Selain karena kemarau, gagal panen tersebut juga dikarenakan tidak mengalirnya air (kering) pada saluran irigasi yang menuju pematang sawah.

“Yang menjadi kendala utama, sehingga di musim kemarau tahun ini kami mengalami gagal panen itu, persoalan tidak mengalirnya air irigasi akibat kekeringan di pematang sawah kami, sehingga persawahan kami mengalami kekeringan,” ungkap salah seorang petani sawah Desa Ladianta, Sulaiman, Minggu (1/10/2023).

Dari total 180 hektar lahan masyarakat, 80 persen yang mengalami gagal panen akibat kekeringan, dan sudah berlangsung selama dua bulan.

Sulaiman menerangkan, sampai saat ini belum ada sentuhan tangan dari pemerintah setempat untuk mengatasi masalah gagal panen yang dialami masyarakat.

“Kami berharap sebagai masyarakat agar pemerintah bisa memperhatikan kami, minimal terkait persoalan yang menjadi kendala kami yaitu irigasi air agar bisa sampai ke pematang sawah. Sehingga kami tidak terus menerus mengalami gagal panen,” harap Sulaiman

Senada dengan itu, Asmin yang juga merasakan hal yang sama mengatakan bahwa sawah miliknya hampir satu hektar yang mengalami gagal panen akibat tidak mengalirnya air irigasi.

“Irigasi air itu ada dua titik tapi alirannya tidak sampai ke pematang kami karena dataran lokasi persawahan yang ada di sini itu rendah di tengah,” keluhnya

“Jadi kami punya sawah yang berada di bagian pinggir itu tidak teraliri air, sehingga mengalami kekeringan. Saya berharap agar pemerintah terkait mampu memikirkan solusinya agar kami masyarakat tidak rugi setiap musim panen,” tutupnya.

Penulis : ARKAM
Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *