KH Abdurrahman Al Banjari Memotivasi WBP Rutan Unaaha Untuk Selalu Bersyukur

Oyisultra.com, KONAWE – Dalam rangka safari dakwah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) di seluruh Indonesia, KH Abdurahman Al Banjari memberikan motivasi dan pembekalan iman kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Masjid Al-Muhajirin Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha, Konawe, Rabu (20/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, KH Abdurahman Al Banjari sampaikan motivasi dan syiar Islam dengan mengusung Tema “Memperbaiki Diri Dengan Introspeksi”. Safari dakwah ini diikuti oleh pejabat struktural beserta pegawai bersama seluruh WBP Rutan Kelas IIB Unaaha.

Dalam tausiahnya, KH Abdurahman Al Banjari menyampaikan tentang bagiamana manusia memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan yang terlah diperbuat.

Ia mengutip salah satu pesan sahabat Rasulullah Umar Bin Khatab “Koreksilah diri kalian semua sebelum kalian dikoreksi (dihisab). Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. Dan hiasilah diri kalian (dengan amal ibadah) untuk pagelaran agung (hari kiamat) kepada Allah ta’ala. Pada hari itu kalian semua dihadapkan, dan tidak ada sesuatu yang samar dari kalian”

“Bahwa pesan ini memberikan arahan dan pedoman bagi kita semua untuk menjalani kehidupan di dunia, dibalik makna koreksilah diri kalian sebelum dihisab, berarti kita semua diharapkan untuk berhati-hati dalam bertindak, berbuat, dan berucap, dan bahkan tidak melakukan apa-apa sebelum benar-benar jelas kebenarannya, sehingga semua perbuatannya bernilai manfaat dan umurnya tidak hilang dengan sia-sia,” katanya.

Menurut Abdurrahman, dakwah yang ia lakukan belakangan ini sudah mengunjungi berbagai Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kegiatan Safari Dakwah yang ke-352 di Lapas dan Rutan, dan Sultra adalah provinsi ke-19 saya, sebelumnya kita juga sudah mengunjungi Lapas dan Rutan di Kalimantan Timur, sekrang di Unaaha dan IsyaAllah setelah ini akan ke Rutan Kolaka,” ungkapnya.

Ustaz yang merupakan seorang mantan preman itu menyampaikan tausiah tentang meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, serta tentang kesabaran. Ia juga memotivasi warga binaan untuk selalu bersyukur dan berusaha selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada.

Pengajian ini diselingi dengan canda tawa, sehingga menghibur dan memotivasi para warga binaan untuk merefleksi diri dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Ustadz Abdurrahman.

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha Herianto menyebutkan, jika kegiatan ini menjadi sebuah motivasi kerohanian yang positif bagi para WBP di Rutan Unaaha, agar lebih bertaqwa dan menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

“Dan kedatangan ustadz KH Abdurrahman Al Banjari kali ini, sangat kita apresiasikan, dimana beliau ini dikenal oleh WBP di Indinesia, karena sentuhan dakwah yang dilakukan menyentuh rutan dan lapas di Indonesia,” ungkap Herianto.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *