Bawaslu Butur dan Insan Pers Diskusikan Peran Media di Pemilu 2024

Oyisultra.com, BUTON UTARA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar diskusi bersama insan pers terkait peran media online terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

Diskusi tersebut digelar di salah satu hotel di Ereke, dengan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Butur, Munarsy, serta pemateri dari salah satu jurnalis, Darso, Sabtu (27/5/2023).

Dalam pemaparannya, Munarsy menerangkan pentingnya membangun kemitraan dengan media dalam mempublikasikan terkait tahapan-tahapan pemilu 2024.

“Sangat diperlukan sinergi semua pihak, terutama dalam mengawal pemilu. Maka dari itu, peran media massa atau pun media online sangatlah penting untuk menyebarkan informasi-informasi terkait pelaksanaan pemilu kepada msayarakat,” ujar Munarsy.

Selain itu, lanjut dia, media juga menjadi wadah dalam menangkap informasi hoaks yang tersebar di beberapa media sosial.

“Pemilu ini tidak akan berhasil tanpa kolaborasi semuanya, baik itu TNI, Polri, semua elemen lainnya, termasuk media. Kami tidak bisa sendiri dalam mengawal pemilu,” imbuhnya.

Menurutnya, sangat penting untuk berkolaborasi dengan rekan media. Di mana diantaranya peran dari media, yakni bagaimana mensosialisasikan agar masyarakat dapat menerima informasi berkualitas yang disajikan oleh media itu sendiri.

Dikesempatan yang sama, junalis senior, Darso menilai peran media baik itu cetak maupun online dalam mensukseskan pemilu sangat sentral. Sebab, kata Darso, media bukan hanya menyebarkan informasi tahapan-tahapan pemilu, akan tetapi dapat menangkal hoaks.

“Karena kita berbicara pemilu, maka bagaimana peran media itu dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024. Media tidak hanya dalam menyebarkan informasi, tapi juga menangkal hoaks,” tuturnya.

Darso lanjut menerangkan, bahwa wartawan dalam melakukan kerja jurnalistik atau karyanya sudah jelas diikat dengan kode etik jurnalistik, sehingga hasil karyanya tersebut sangat berkualitas.

“Karya jurnalistik dari pers mengutamakan keberimbangan, juga memberikan ruang yang sama, sehingga informasi atau produk berita yang disajikan harus akurat dan tepat,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini diikuti sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Buton Utara, dan juga para staf Bawaslu Butur.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *