Sempat Dianggap Tak Mendaftar, KPU Konsel Akhirnya Terima Dokumen Pengajuan Bacaleg Partai Buruh

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Sebelumnya diberitakan pada Senin (15/5/2023). Dua partai politik (Parpol) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dianggap tidak mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) pada tahapan pendaftaran Bacaleg yang dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Kedua Partai tersebut yakni Partai Gelora dan Partai Buruh. Partai Gelora hingga batas waktu pendaftaran 14 Mei Pukul 23.59 waktu setempat tidak terlihat pengurusnya mendaftarkan Bacaleg di Kantor KPU Konawe Selatan.

Sementara, Partai Buruh datang diwaktu injury time pendaftaran. Sayangnya, ajuan pendaftaran Bacaleg Partai Buruh Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) KPU RI terkunci secara otomatis pada pukul 23.59 Wita.

Kejadian tersebut dijelaskan oleh Ketua KPU Konawe Selatan, Aliudin S.Ip didampingi para Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu dihadapan Ketua Partai Buruh, Andi Rasak.

Aliudin menjelaskan, KPU telah membuka tahapan pendaftaran sejak 1 Mei hingga 14 Mei Pukul 23.59 Wita.

“Aplikasi Silon terkunci otomatis jika tahapan pendaftaran melewati waktu yang telah ditetapkan. Disisi lain, submit (kirim) dari partai yang bersangkutan belum dilakukan,” jelasnya dihadapan Ketua Partai Buruh di Kantor KPU, Senin dinihari.

Senada diungkapkan oleh Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Konawe Selatan, Asriani S.Kep Ns. Asriani mengatakan, KPU memberikan ruang perlakuan yang sama terhadap seluruh partai politik dalam tahapan ini.

Kata dia, pendaftaran sesungguhnya dapat dilakukan secara manual dengan sisa waktu pendaftaran yang ditentukan.

“Namun dokumen pendaftaran Bacaleg Partai Buruh tidak ada. Sehingga pemeriksaan apa yang harus kami lakukan,” ujar Asriani.

Namun, KPU Kabupaten Konawe Selatan akhirnya menerima pengajuan Bacaleg Partai Buruh pada Pemilu 2024.

Hal itu tertuang dalam formulir tanda penerimaan dokumen pengajuan bacaleg DPRD Kabupaten, yang berbunyi “Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen pengajuan bakal calon dinyatakan di TERIMA”. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen administrasi bakal calon, Kamis (18/5/2023).

Ketua Executive Committee (Exco) Partai Buruh Kabupaten Konawe Selatan, Andi Razak mengatakan, bahwa, KPUD Konawe Selatan telah menindaklanjuti surat permohonan pengajuan Bacaleg Partai Buruh secara lengkap dengan pemenuhan 100 persen komposisi sebaran 6 (enam) daerah pemilihan (Dapil) dengan 35 orang jumlah Bacaleg yang diajukan.

Adapun target pencapaian perolehan kursi, dan tujuan utama Partai Buruh, lanjutnya, adalah memperjuangkan upah buruh yang selama ini sangat murah serta jaminan pekerjaan, perumahan, hidup layak, dan jaminan pendidikan bagi rakyat miskin.

Sedangkan salah seorang Kader sekaligus Bacaleg Partai Buruh di Dapil 2, Irwan menyampaikan apresiasinya terhadap KPUD Konawe Selatan yang telah secara utuh mengkaji, memahami penjelasan Surat Edaran KPU No. 495 tertanggal 17 Mei 2023 sebagai landasan hukum dalam memproses dan meloloskan dokumen pengajuan Bacaleg Partai Buruh, untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu verifikasi dokumen administrasi.

Sebagaimana dalam tahapan sebelumnya, kata Irwan, KPU Konawe Selatan menyatakan bahwa Partai Buruh dianggap tidak mengajukan Bacalegnya, karena dianggap terlambat dalam proses submit (kirim) dokumen di sisa waktu hingga pukul 23.59 Wita (Injury time) akibat mengalami gangguan hingga Silon KPU lock (terkunci) karena telah melewati waktu yang telah ditentukan, yakni pukul 23.59 Wita pada Minggu (14/5/2023).

“Atas dinyatakannya Partai Buruh lolos tahapan pendaftaran, maka kami segera berbenah untuk mempersiapkan segala keperluan dalam menghadapi masa perbaikan administrasi sesuai jadwal yang telah ditentukn oleh KPU,” ujar Irwan.

Serta, tambah dia, akan segera menkonsolidasikan para Bacaleg, struktur serta semua komponen perangkat Partai Buruh untuk mempersiapkan dirinya terutama kesiapan mental dan strategi pemenangan nantinya. “Kami yakin akan sukses, apalagi Partai Buruh ini adalah Partai Gerakan yang mengedepankan aspirasi dan selalu bersama rakyat biasa,” tutupnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *