Peringati Hari Buruh, Ratusan Karyawan Berprestasi PT VDNI dan OSS Terima Penghargaan

Oyisultra.com, KONAWE – PT Virtu Dragon Nickel Industrial (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) menggelar kegiatan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2023, di halaman office PT VDNI, Senin (1/5/2023).

Perayaan tersebut berlangsung secara khidmat dengan diawali pemberian penghargaan kepada ratusan karyawan PT VDNI dan PT OSS yang berprestasi.

Selain itu, tamu undangan juga di suguhkan penampilan kesenian yang diperankan oleh para karyawan.

Deputi General Manager PT. OSS, Mr Wu Qian Yuan menerangkan, bahwa perkembangan pesat perusahaan semua itu dari hasil kerja keras para buruh.

“Tentunya pada hari ini juga kami semua bisa melihat bahwa banyak juga karyawan kami yang berpotensi menjadi karyawan berprestasi, menajeman berprestasi dan mungkin dalam konteks tim berprestasi,” ujar Mr Wu.

Melalui momentum peringatan hari buruh tahun 2023 ini, Mr Wu melihat banyak karyawan baik PT VDNI dan PT OSS memiliki kemampuan dan potensi yang sangat lebih.

“Kalau begitu kami akan teruskan dan kembangkan agar mereka lebih maju kembali, lebih berkembang lagi untuk kedepan demi perusahaan juga ikut berkembang dan pekerja juga ikut berkembang maju dan merekapun juga akan lebih baik kemudian hari,” pungkasnya.

Peringati Hari Buruh, Ratusan Karyawan Berprestasi PT VDNIP dan OSS Terima Penghargaan
Deputi General Manager PT. OSS, Mr Wu Qian Yuan saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media

Sedangkan, Kadis Nakertras Provinsi Sulawesi Tenggara LM. Ali Haswandi berharap dihari buruh ini hak-hak pekerja itu bisa terpenuhi kemudian perusahaan juga bisa memperhatikan keselamatan pekerja.

“Karena untuk di Sultra ini kita berfokus bagaimana meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja,” ujar Ali Haswandi.

Menurutnya, sejauh ini data kecelakaan kerja dinilai masih tinggi, sehingga dirinya mengimbau di hari buruh ini untuk mewujudkan budaya keselamatan kerja.

“Sehingga ini menjadi tren hidup menjadi life style di perusahan tempat kita bekerja,” tuturnya.

Dirinya membeberkan sejauh ini PT VDNI dan PT OSS sudah memberikan upah karyawan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kemudian jaminan sosial ketenagakerjaan itu menjadi hak-hak pekerja yang menjadi perhatian kita,” kata Haswandi.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh PT OSS, Muh Odon menerangkan, bahwa saat ini pihaknya sementara melakukan perekrutan karyawan untuk menjadi anggota serikat dalam rangka menuju Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara pihak perusahaan dan karyawan.

“Alhamdulillah kami dari serikat buruh PT OSS sampai saat ini masih fokus dan menggenjot pelaksanaan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Dan Alhamdulillah perusahaan sekarang ini telah memberikan kami upah yang maksimal di atas dari Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk kenaikan tahun 2023 ini,” ujar Odon.

Peringati Hari Buruh, Ratusan Karyawan Berprestasi PT VDNIP dan OSS Terima Penghargaan
Ketua Serikat Buruh PT OSS, Muh Odon saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan

Olehnya itu, tambah dia, saat ini serikat buruh bersama tim lagi bekerja keras untuk mendapatkan 50 persen tambah 1 jumlah karyawan yang tergabung dalam serikat buruh untuk menuju PKB. Jika sudah PKB disitu nanti akan dituangkan seluruh hak-hak buruh, dan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan untuk kesejahteraan buruh.

“Jika sudah terjalin PKB maka dalam perjanjian itu sudah dituangkan semuanya. Mulai dari tunjangan, gaji dan lain sebagainya serta akan tertata rapi. Saat ini masih bersifat umum belum ada perjanjian kerja. Jadi saat ini kami sedang merekrut anggota, dari 18. 000 karyawan PT OSS kami akan merektrut setengahnya untuk menuju PKB,” pungkasnya.

Momentum perayaan hari buruh ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Polda Sultra, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, Polres Konawe, para Camat dan Kepala Desa yang berada di wilayah lingkar PT VDNI dan PT OSS.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *