Cegah Calo dan Tiket Palsu, Bupati Konsel Minta ASDP Jual Tiket Online

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) meminta Perusahaan Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) agar penjualan tiket kapal di Konsel dilakukan secara online. Hal itu agar menghindari praktik pencaloan, serta untuk mempermudah masyarakat mendapatkan tiket saat mudik.

Hal tersebut disampaikan langsung orang nomor satu di Konsel itu saat meninjau pos pengamanan dan pelayanan Kepolisian Terpusat, arus mudik di dua lokasi, yakni di Pelabuhan Penyebrangan Torobulu Kecamatan Laeya dan Pelabuhan Amolengu Kecamatan Kolono Timur.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga mengatakan, bahwa peninjauan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan pos pelayanan dan pengamanan arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri tahun 2023.

“Pemda Konsel sebenarnya hanya penanggung jawab wilayah, pengelolanya sebenarnya ini gawean provinsi. Namun, sebagai pemerintah setempat tentu kami juga tidak tinggal diam. Kami juga ingin pastikan masyarakat yang melintas di wilayah Konsel tetap aman,” kata Surunuddin saat memberikan keterangan pers usai melakukan peninjauan, Rabu (19/4/2023).

Setelah melihat kondisi dua lokasi penyeberangan arus mudik, mantan Ketua DPRD Konsel ini, meminta agar ASDP 
ikut menerapkan penjualan tiket online, sehingga nantinya para penumpang dapat mudah mengaksesnya. Disamping itu, agar para penumpang tidak menunggu begitu lama di pelabuhan.

“Masyarakat saat ini membutuhkan tiket serta jadwal kapal secara online.
Karena pada saat ingin mudik ke kampung halamannya dapat mengakses secara mudah melalui internet, sekarangkan sudah era digital segala sesuatu diakses melalui internet,” pintahnya.

Sebab, lanjut dia, apabila penjualannya masih secara manual, tentunya akan
 berdampak kepada para penumpang yang tidak mengetahui apabila tiketnya habis, yang dampaknya tentu membludaknya penumpang di pelabuhan.

“Dengan menggunakan sistem online tentunya akan memberikan kemudahan
 terkait dengan jumlah, tersedianya tiket serta jadwal dengan melalui telepon
 genggamnya. Selain itu juga, dapat mencegah terjadinya calo serta adanya tiket palsu,” pesan Surunuddin.

“Kita berharap semua pemudik selamat baik saat mudik maupun balik lagi, serta tetap sabar. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada unsur Forkopimda yang telah bersama-sama mengatur arus mudik,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo menegaskan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pengamanan dan pengawasan secara keseluruhan di dua lokasi penyeberangan tersebut. Dengan menyiapkan satu pos pengamanan di Kelurahan Punggaluku dan dua pos penyelamatan di masing-masing penyeberangan.

“Pengawasan dan pengamanan akan terus dilakukan agar tidak membuat permasalahan atau terjadinya hal-hal tidak diinginkan. Dengan terus berkoordinasi dengan pihak pengelola penyeberangan untuk memastikan secara
 keseluruhan mulai kesiapan ABK dan kelengkapan keselamatan penumpang,” tegas Wisnu.

Kemudian, lanjut Wisnu, untuk mempermudah informasi bagi masyarakat yang akan melakukan mudik, pihak Polres Konsel menyampaikan informasi perkembangan situasi terkini secara live di dua stasiun saluran Televisi, yakni di TVRI dan Tribun TV.

“Hal itu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dalam melakukan persiapan mudik,” terangnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri Wabup Rasyid, Kadis Perhubungan Budi Yuliarto, Kadis Kesehatan dr Boni Lambang Pramana, Kadis Perindag Saribana unsur Forkopimda Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, Danpol Airut A. Adnan, Pabung Konsel Letkol Abdullah serta unsur terkait lainnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *