Puluhan Pelaku UMKM Konsel Diedukasi Keterampilan Kewirausahaan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melaui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (Dinkop UMKM) menggelar pelatihan kewirausahaan kepada 30 pelaku UMKM.

Pelatihan ini dibuka langsung Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Pemkab Konsel, Armansyah, yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat, 17 hingga Minggu,19 Maret 2023, di Hotel Kubra Kendari.

Edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dalam pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

“Mewakili Pemda Konsel, kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi dan UMKM yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan dalam rangka mengembangkan UMKM,” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Pemkab Konsel, Armansyah saat membuka acara.

Menurut mantan Kadis Nakertrans Konsel ini, kegiatan tersebut sejalan dengan visi Kabupaten Konawe selatan yaitu menuju Konawe Selatan sejahtera, unggul dan amanah, berbasis pedesaan.

“Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan, keterampilan untuk bekerja dan mencari nafkah dalam menopang kehidupan,” jelasnya.

Untuk menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, kata Armansyah, program pelatihan kewirausahaan menjadi salah satu strategi yang diharapkan untuk dapat mengantisipasi permasalahan UMKM.

“Pemerintah selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan Dana APBD untuk peningkatan pengembangan dan pemberdayaan SDM, sehingga pelaku usaha di daerah kita ini dapat terus berkembang,” terangnya.

“Kita patut berbangga karena dari tahun ke tahun tingkat pengangguran di daerah kita ini terus mengalami penurunan pengangguran di daerah Kabupaten Konawe Selatan,” sambungnya.

Ia menambahkan, salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya tingkat pengangguran tersebut adalah karena semakin berkembangnya kewirausahaan di daerah ini.

“Pemda Konsel terus menggalakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat terkhusus pelaku usaha, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus berkurang,” pungkasnya.

Dikesempatan itu, Kepala Dinkop UMKM, Agustiana Melamba berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh, dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan, karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan praktik.

“Praktik yang diberikan dari pemateri-pemateri kelak akan menjadi dasar keterampilan saudara dalam berwirausaha, saya yakin dan percaya bahwa dengan pelatihan ini saudara nantinya dapat berwirausaha
dengan sukses,” ungkapnya.

Ia juga mengajak para peserta bersama-sama bahu-membahu membulatkan tekad dalam mengembangkan kewirausahaan di Kabupaten Konsel.

“Semoga pelatihan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan UMKM di daerah Kabupaten Konawe Selatan,” tutupnya.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *