Ngopi Bareng di Angata, Kapolres Konsel Dorong UMKM Tingkatkan Produksi dan Penjualan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Kapolres Konawe Selatan (Konsel) AKBP Wisnu Wibowo melaksanakan ngopi bareng bersama tokoh masyarakat, bertempat di Desa Aopa Kecamatan Angata, Konsel. Kamis (16/2/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Kasat Binmas Polres Konsel AKP Ilham Tahir, Kapolsek Angata AKP La Rudin, Kepala Desa Aopa Juhardin, para tokoh masyarakat, agama, dan tokoh pemuda serta perwakilan masyarakat.

Dalam ngopi bareng tersebut, berbagai masalah yang ada dikeluhkan oleh warga masyarakat diantaranya, adanya prediksi inflasi tahun 2023, kenaikan harga barang pangan sembilan bahan pokok (sembako) yang akan memberatkan warga masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, isu stunting juga menjadi bahan diskusi serta adanya peternak sapi yang kerap memakan tanaman para petani turut juga dikeluhkan warga kepada Kapolres Konsel.

Menanggapi segala keluhan tersebut, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo mengatakan, bahwa untuk mencegah inflasi di tahun 2023 yang akan berdampak pada kenaikan harga sembako, agar warga masyarakat tidak tergantung pada pasar.

Ngopi Bareng di Angata, Kapolres Konsel Dorong UMKM Tingkatkan Produksi dan Penjualan
Kapolres Konsel saat meninjau langsung pelaku UMKM ayam petelur Desa Aopa

Namun, kata Wisnu, warga dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong yang dimiliki guna dijadikan lahan produktif untuk menopang kebutuhan sehari-hari.

“Manfaatkan lahan-lahan kosong untuk dijadikan lahan produksi, misalnya di kebun atau bahkan disamping- samping rumah agar ditanami untuk dapat menopang kebutuhan sehari-hari,” ujar Wisnu Wibowo.

Selain itu, dalam hal ternak sapi yang sering memakan tanaman petani, Wisnu Wibowo mengarahkan kepada pemilik ternak untuk membuat kandang, atau pada saat menggembala ternaknya untuk dijagai.

“Buatlah kandang untuk ternak sapinya, jaga sapinya saat di gembala agar tidak memakan tanaman petani, dan agar terhindar dari pencurian sapi,” imbau Wisnu.

Pada pelaksanaan ngopi bareng tersebut, Kapolres Konsel menyempatkan diri mendatangi pelaku UMKM dalam bidang ternak ayam petelur. Dalam kunjungannya tersebut, Wisnu Wibowo mendorong pemilik UMKM agar dapat meningkatkan produksi dan jangkauan penjualan.

“Usaha ini sangat bagus, upayakan untuk meningkatkan produksi dan akses penjualan diperluas, agar penghasilan dapat bertambah,” pungkas Kapolres Konsel.

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *