Peran Media Sosial di Era Sebelum dan Sesudah Pandemi dalam Perkembangan Bisnis Online

Oyisultra.com, JAKARTA – Saat ini, pandemi covid-19 membawa perubahan pada seluruh masyarakat. Semenjak virus covid-19 menyebar di Indonesia pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan social berkala besar (PSBB). Masyarakat terpaksa membatasi ruang gerak dalam bekerja dengan melakukan aktifitas secara daring atau dari rumah sebagai upaya memutus tali rantai covid-19. Maka dari itu semakin banyak masyarakat di Indonesia menggunakan sosial media untuk aktifitas sehari-hari dengan memanfaatkan fitur yang memudahkan pengguna dalam mengerjakan aktifikas terutama bagi pelaku bisnis dan UMKM.

Pelaku bisnis dan UMKM yang sebelumnya menggunakan cara tradisional saat ini banyak yang beralih ke bisnis online. Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019/2020 mencapai 196,7 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 23,5 juta atau 8,9% dibanding tahun 2018. Menurut hasil survei Asosiasi penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada tahun 2020 We are Social merilis pernyataan bahwa pengguna Internet didominasi dengan penggunaan Media sosial.

Media Sosial adalah salah satu media online yang dapat berinteraksi, berbagi, berpatisi secara aktif tanpa dibatasi ruang dan waktu. Untuk menjalani atau memulai bisnis online banyak media sosial yang bisa dimanfaat kan untuk mendukung marketing. Beberapa contoh media sosial untuk bisnis di antaranya Facebook, Youtube, Instagram, Twitter,dan Tiktok. Peran media sosial menjadi peran penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online. Dimanfaatkan sebagai media bisnis online dan media sosial berfungsi sebagai marketing channel atau media promosi. (Gilmore dkk, 2007)

1. Pengertian Bisnis Online

Bisnis elektronik (electronic business atau e-business) adalah proses bisnis yang memanfaatkan penggunaan teknologi digital dan internet dalam operasi utamanya yang berhubungan dengan kegiatan jual-beli barang/jasa melalui internet. Bisnis elektronik ini mencakup beberapa aktivitas transaksi, seperti periklanan, pemasaran, dan pembayaran. Bisnis elektronik merubah cara kegiatan pemasaran, karena bisnis elektronik (e- commerce) mengurangi biaya operasional untuk kegiatan perdagangan.

Sekarang juga banyak aplikasi-aplikasi sosial media yang memasukkan fitur bisnis elektronik di dalam aplikasinya seperti TikTok. Fitur ini mempermudah pebisnis awal yang ingin memulai bisnis elektronik. E-commerce memberikan peran bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia baik bagi pelaku bisnis, konsumen, maupun pemerintah. Bisnis dan perekonomian Indonesia banyak yang terpuruk karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai dari DKI Jakarta sejak tanggal 9 april 2020, kemudian di lanjutkan di beberapa daerah serta social dan physical distancing yang mengharuskan masyarakat hanya dirumah saja dan menghindarkan diri dari keramaian.

Hal ini mengakibatkan perubahan pola transaksi di masyarakat, yang dimana sebelum pandemi, masyarakat terbiasa melakukan transaksi konvensional, lalu beralih menjadi transaksi berbasis internet dan elektronik yang disebut perdagangan elektronik. (Ayu dan Lahmi, 2020)

2. Fitur Tiktok yang Mendukung Bisnis Online

Dalam aplikasi Tiktok terdapat banyak sekali fitur yang mendukung para penggunanya dalam melakukan bisnis online, salah satunya yang banyak sekali orang sebut yaitu Tiktok Shop. Tiktok Shop sendiri adalah fitur berbelanja yang sediakan oleh platform tiktok untuk berbisnis online yang bisa menghasilkan uang. Dengan fitur ini, banyak sekali barang yang dipromosikan dan dijual oleh content creator untuk menghasilkan uang dan meraih keuntungan.

Karena dengan aktivitas belanja via Tiktok Shop, banyak pengguna yang mulai membuka bisnisnya dengan mengunggah video barang dagangannya untuk di promosikan di Tiktok. Fitur ini mulai berkembang pesat semenjak adanya masa pandemi Corona di tahun 2020, di saat pandemi orang – orang yang kehilangan semangat kerja dikarenakan banyak di PHK dari pekerjaannya dan memulai membuka bisnis berbasis online. Dan saat itu pula, market pasar di tiktok sangat membludak dan banyak diminati oleh pemirsa yang berada di manapun.

Di Tiktok Shop, banyak sekali promo dan diskon yang disediakan oleh seller untuk membuat orang tergiur dan membeli barang yang tersedia disana. Dimulai dari diskon 10% hingga 75% dan juga promo beli 50rb dapat 5 pcs. Dan juga banyak pula voucher gratis ongkir yang membuat banyak pengguna tiktokers yang tertarik untuk membelinya secara produk yang ditawarkan sangat menarik dan menawan.

Adapun manfaat Tiktok Shop dalam berbisnis online, yaitu:
• Mempermudah para pengguna dalam hal berbelanja
• Terbuka untuk menjual barang/produk apa saja berupa makanan, barang elektronik, produk kesehatan, fashion dan juga peralatan rumah tangga
• Hasil penjualan yang sangat menguntungkan
• Membuka ladang usaha bagi semua orang yang ingin berjualan online
• Menghasilkan passive income yang sangat pesat bagi seller

Perlu diketahui bahwa pengiriman barang di Tiktok Shop di proses dengan cara yang sangat cepat dan gesit oleh semua seller. Jika penjual tidak dapat mengkonfirmasi orderan, mereka harus melakukan Panduan Pembatalan, Pengembalian Barang, Dan Pengembalian Dana Pelanggan Tiktok Shop untuk membatalkan orderan. Jadi, fitur penjualan Tiktok Shop dalam berbisnis online sangat efektif sejak pandemik hingga saat ini sehingga banyak pengguna yang selalu menggunakannya untuk memesan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dan juga Tiktok Shop sangat berguna dalam penjualan apapun bentuknya serta sangat mudah pengguna untuk membeli nya dimanapun, kapanpun.

Berdasarkan atas analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media sosial sangat berperan atas perkembangan bisnis online khususnya pada era pandemi. Orang-orang yang terkena PHK dapat membuka bisnis dan mempromosikannya lewat sosial media seperti Tiktok. Fitur-fitur yang disediakan Tiktok khususnya Tiktok Shop dapat digunakan oleh pebisnis untuk menjual produk-produknya.

Media Tiktok bisa menjadi sarana promosi yang efektif karena saat ini Tiktok banyak dipakai oleh kaum milenial. Bisnis online tidak akan terlepas dari sosial media. Oleh karena itu, ada baiknya pebisnis memanfaatkan teknologi sosial media ini untuk bisnis online mereka. Dengan menggunakan sosial media untuk salah satu strategi promosinya, pebisnis dapat menghemat uang sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Oleh : Mohammad Dwiyan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *