Lepas Keberangkatan 116 JCH Konawe Selatan 2024, Bupati Surunuddin Pesan Jaga Kesehatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM resmi melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Konawe Selatan, di rumah jabatan (Rujab) Bupati Konsel, pada Selasa (28/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati H Surunuddin Dangga mengatakan, jemaah calon haji di Konsel pada tahun 2024 ini meningkat dari tahun sebelumnya, banyak peminat jemaah haji namun belum mendapat panggilan.

“Tentunya sebagai pimpinan daerah kami ucapkan selamat kepada bapak ibu yang terpanggil untuk menunaikan rukun Islam yang kelima,” ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Surunuddin berharap, seluruh jemaah yang berangkat pada tahun ini agar menjadi haji yang mabrur dengan menjalankan segala rukun-rukunnya dan yang terutama menjaga kesehatan.

“Rukun ibadah ini bisa berjalan dengan baik kalau kita sehat, olehnya itu, bapak ibu jaga kesehatan kalau tidak penting tidak usah keluar dari penginapan, terkecuali mendesak,” pesan orang nomor 1 di Konsel itu.

Menurut Bupati Konsel dua periode itu, haji merupakan simbol ekonomi. Pasalnya, kalau sudah mampu tidak melaksanakan perintah rukun Islam yang terakhir tentu menjadi pertanyaan.

“Sekali lagi saya ucapkan jaga kesehatan dan kekompakan, semoga Allah meridhoi perjalanan jemaah haji kali ini dan dapat menjalankan rukun-rukun haji yang sempurna,” pungkasnya

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Konawe Selatan, Drs H Joko M.Pd mengatakan, pada tahun ini jemaah haji sudah mulai merata disetiap kecamatan yang sebelumnya didominasi Kecamatan Tinanggea.

Saat ini, kata Joko, prosedur calon haji juga semakin ketat, dimana kesehatan sangat diperhatikan dalam persyaratan. Contohnya, jemaah kita satu orang tidak berangkat haji dikarenakan sakit permanen.

“Sehingga total jadi 116 jemaah saja yang diberangkatkan. Tema haji pada tahun 2024 ini yaitu, Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia,” kata Joko.

Sementara itu, Panitia Pemberangkatan Haji, Hamlin S Ode Makka menjelaskan, jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Konawe Selatan akan berangkat ke embarkasi Makassar pada Jumat 31 Mei 2024 melalui Asrama Haji Lepo-lepo Kendari.

“Jemaah calon haji Konsel yang tergabung dalam kloter ke 29 akan diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi pada hari Ahad tanggal 2 Juli, dan jadwal kepulangan jemaah haji Insyaallah akan tiba kembali di tanah air pada 14 Juli mendatang,” jelas Hamlin.

Hamlin menambahkan, jumlah jemaah calon haji pada tahun 2024 ini sebanyak 116 orang yang terdiri dari laki-laki 42 dan jemaah perempuan 74 orang.

Berikut daftar jumlah jemaah calon haji Kabupaten Konawe Selatan tahun 2024 :

1. Tinanggea 15 orang
2. Benua 14 orang
3. Buke 14 orang
4. Moramo 9 orang
5. Lalembuu 9 orang
6. Laeya 6 orang
7. Konda 6 orang
8. Ranomeeto 6 orang
9. Landono 5 orang
10. Angata 5 orang
11. Kolono 4 orang
12. Palangga Selatan 3 orang
13. Laonti 3 orang
14. Andoolo 2 orang
15. Mowila 2 orang
16. Palangga 1 orang
17. Andoolo Barat 1 orang
18. Baito 1 orang
19. Moramo Utara 1 orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *