Pilkada 2024, Bahtra Banong: Partai Gerindra Sultra Prioritaskan Kader Untuk Diusung Maju Cakada

Oyisultra.com, KENDARI – Dalam menghadapi momentum politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang, baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Wali Kota (Pilwali), Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprioritaskan kadernya untuk diusung menjadi Calon Kepala Daerah (Cakada).

Hal ini ditegaskan langsung Anggota DPR RI terpilih dari Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sultra, Bahtra Banong kepada awak media saat ditemui di Kota Kendari, pada Kamis (18/4/2024). Dikutip dari FAJAR.CO.ID

“Yang pertama, Pak Dasco selaku Ketua Harian DPP Partai Gerindra sudah menjelaskan di media, bahwa hari ini Partai Gerindra akan memprioritaskan kader untuk maju, apakah itu Pemilihan Gubernur (Pilgub), apakah itu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten/Kota, maka kita pasti akan memprioritaskan atau mengutamakan kader,” jelas Bahtra Banong.

Kenapa demikian, lanjut Bahtra, karena Partai Gerindra khususnya di Provinsi Sultra untuk DPR RI adalah pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) dengan suara terbanyak, tentu dengan dasar itu maka akan mendorong kader.

“Terus yang kedua, sekarang kan Gerindra Ketua Umumnya sudah jadi Presiden, kami ini sekarang partai penguasa,” ujarnya.

Tentunya yang namanya Partai Penguasa, lanjutnya, pasti ingin kadernya memimpin dalam rangka melanjutkan pembangunan di daerah-daerah.

Jadi, kata dia, itu garis besarnya. Partai Gerindra Insyaallah akan mengutamakan kader untuk diusung, apakah itu Pilgub, Pilbup maupun Pilwali.

“Jadi dengan mengusung kader internal, maka akan memudahkan dalam pembangunan daerah di era pemerintahan Prabowo-Gibran kedepan, dan kemudian memudahkan dalam menyukseskan visi-misi Prabowo-Gibran, salah satunya program makan siang gratis, dan program-program lainnya,” katanya.

Bahtra menjelaskan, untuk Pilwali Kota Kendari sejauh ini pihaknya mengamati baru satu kader Gerindra yang memberanikan diri untuk mencalonkan sebagai Wali Kota Kendari yaitu Yudhianto Mahardika, yang juga saat ini menjadi Anggota DPRD Provinsi Sultra dari Fraksi Partai Gerindra.

“Kalau memang beliau serius maka pasti akan didorong, karena bagaimanapun kita akan dorong kader, karena sejauh ini, tidak ada kader lain kan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bahtra mengatakan, dan yang berpotensi untuk memenangkan Pilwali Kota Kendari adalah Yudhianto Mahardika, karena suaranya di Pilcaleg kemarin cukup signifikan dan cukup besar.

“Dan kami (Partai Gerindra) juga percaya diri akan menang, masa partai yang diluar pemenang Pilpres saja atau pemenang Pileg saja mau maju, masa kami yang pemenang Pilpres dan pemenang Pileg tidak berani memajukan kader,” imbuhnya

Anggota DPR RI dua periode ini, menegaskan, bahwa pihaknya akan mendorong Yudhianto Mahardika, dan akan mencari koalisi, sebab syaratnya harus 7 kursi untuk Pilwali Kota Kendari, sementara Gerindra hari ini kursinya hanya dua yang tadinya empat kursi. Kurang dua, tetapi akan mencari koalisi-koalisi lain.

“Makanya, kami sarankan kepada Yudhianto Mahardika untuk mendaftar di partai-partai lain, sehingga koalisi kita cukup untuk mendorong calon,” ungkapnya.

Bahtra menambahkan, Partai Gerindra berpeluang berkoalisi dengan semua partai. “Saya pikir semua partai mau berkoalisilah sama Gerindra, karena kita adalah partai pemenang Pilpres, pasti mau mereka. Dan apabila ada di luar kader yang mendaftar ke Gerindra, ya kita prioritaskan kader dulu yang cukup potensial sebelum melirik yang lainnya,” pungkasnya.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *