Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, SMAN 2 Kusambi Muna Barat Berbagi Sembako Kepada Kaum Duafa

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. SMA Negeri 2 Kusambi menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan membagikan puluhan paket sembako kepada kaum duafa.

Kegiatan aksi sosial peduli kaum dhuafa ini dilaksanakan di Aula SMAN 2 Kusambi, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), pada Sabtu 6 April 2024.

Penyaluran paket sembako tersebut turut dihadiri Camat Kusambi La Umbas, Ketua Komite La Sagala, dan Komandan Pos Koramil Kusambi.

Ketua Panitia sekaligus Ketua OSIS SMAN 2 Kusambi, Haiden mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan bakti sosial peduli kaum dhuafa ini merupakan hasil penggalangan dana pengurus OSIS, MPK, Ambalan, ADS dan PMR SMAN 2 Kusambi, yang diperoleh dari bapak/Ibu guru juga dari donatur masyarakat sekitar Kecamatan Kusambi dan Kecamatan Sawerigadi.

“Kami menyalurkan paket sembako dengan jumlah 46 paket, dengan jumlah penerima sebanyak 46 orang, setiap paket sembako berisikan 5 kg Beras,1 Rak Telur, 1 Kg Gula Pasir, 1 Kg Tepung Beras Ros Brand dan 1 Liter Minyak Goreng,” ungkapnya.

Selain itu, Haiden mengatakan, kesuksesan kegiatan aksi sosial ini di bawah koordinasi Pembina OSIS, La Malu, kepada pengurus OSIS, Ambalan, PMR, dan ADS SMAN 2 Kusambi, sehingga menghasilkan gagasan dan berkolaborasi atau bekerja sama untuk melaksanakan aksi sosial kemanusiaan peduli kaum duafa ini, wujud dari penerapan kurikulum merdeka berbagi praktik baik kepada sesama kaum Muslim.

Foto bersama usai pembagian paket sembako

“Kegiatan ini sebagai momentum untuk saling berbagi di bulan ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri, sehingga terdorong hati nurani serta timbulnya kesadaran bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 2 Kusambi, La Ode Saidin menjelaskan, bahwa kegiatan ini tidak akan berjalan sukses tanpa ada kontribusi, kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak, baik dari pihak sekolah, Pemerintah Kecamatan maupun dari pihak keamanan.

“Kegiatan pembagian sembako ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada kaum duafa di bulan Ramadan, sehingga bisa bermanfaat dan dapat memenuhi kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, penerima bantuan ini merupakan kaum duafa baik berasal dari orang tua siswa tidak mampu maupun kaum dhuafa diberbagai desa di Kecamatan Kusambi dan Sawerigadi, pada kesempatan ini juga dirinya berterima kasih kepada para dermawan yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk kaum duafa, semoga mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT.

“Saya berharap kepada yang menerima paket sembako untuk mensyukuri apa yang didapatkan dari paket sembako ini, karena jika kita bersyukur maka Allah SWT menambahkan nikmatnya, dan jika kufur maka azabnya akan pedih (mengutip dari surah Ibrahim Ayat 7),” ujar La Ode Saidin.

Sementara itu, Camat Kusambi, La Umbas dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh SMAN Negeri 2 Kusambi, dirinya berpesan bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Guru-guru, Pengurus OSIS, yang telah menggagas kegiatan bakti sosial ini, semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *