Operasi Ketupat Anoa 2024, Polres Muna Siagakan 135 Personel

Oyisultra.com, MUNA – Kepolisian Resor (Polres) Muna bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Muna menggelar apel pasukan Operasi Kepolisian Terpusat (Ketupat Anoa), persiapan pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024 M.

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Anoa ini dilaksanakan di lapangan upacara, Mako Polres Muna, Rabu 3 April 2024

Plt. Bupati Muna, Bachrun yang bertindak sebagai Inspektur upacara mengungkapkan, bahwa Operasi Ketupat Anoa menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 H, bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, mengurangi angka kejahatan dan mengantisipasi serta menurunkan angka laka lantas dibandingkan dengan operasi ketupat tahun sebelumnya.

“Indikator kekuatan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022, kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan untuk kesiapan menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024, pihaknya dalam hal ini Pemda Muna telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait teknis pelaksanaan.

“Kami hanya menyediakan beberapa fasilitas untuk persiapan pelayanan arus mudik, dari Pemda itu kita siapkan Personel Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan untuk membantu dan melancarkan pelaksanaan pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Muna AKBP Mulkafin menyampaikan, bahwa terkait dengan pengamanan pihaknya menyiapkan 135 personel Kepolisian yang ditempatkan di 3 titik posko pengamanan dan 3 pos pelayanan, untuk 1 pos pengamanan ditempatkan di wilayah pelabuhan Nusantara Raha dan pelabuhan penyeberangan Tampo.

“Wilayah Muna Barat sendiri ada dua titik, yang satu di daerah Lawa sekitaran Tugu Lagadi, dan Pelabuhan Penyebrangan Tondasi,” ucapnya.

“Operasi Ketupat Anoa ini akan dilaksanakan selama 13 hari, yakni dari tanggal 4 April sampai dengan 17 April tahun 2024,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran, untuk senantiasa merencanakan perjalanan mudiknya, ada beberapa fasilitas yang disiapkan termasuk dengan adanya armada kapal gratis yang disiapkan oleh pihak perusahaan penyeberangan kapal cepat.

“Kami himbau kepada masyarakat untuk menjaga keselamatan dan kesehatan saat ingin melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H tahun 2024,” pungkasnya.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *