Banjir di Amondo Konawe Selatan Rendam Puluhan Rumah Warga dan Fasilitas Umum

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Warga Kelurahan Amondo Kecamatan Palangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) alami kebanjiran, Sabtu (30/3/2024) malam.

Banjir yang melanda wilayah Kelurahan Amondo mengakibatkan puluhan rumah warga dan beberapa fasilitas umum seperti Kantor Camat, Sekolah dan Puskesmas ikut terendam.

Babinsa Palangga Selatan, Risman mengatakan, rendaman banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang berlangsung berjam-jam mengguyur wilayah Kelurahan Amondo.

“Hujan terjadi mulai pukul tujuh malam hingga jam setengah sebelas malam tadi. Hujan dengan durasi berjam-jam ini mengakibatkan puluhan rumah warga dan fasilitas umum seperti kantor camat, sekolah dan puskesmas ikut terendam,” jelas Risman.

Dikatakan, ketinggian air yang merendam rumah warga Kelurahan Amondo mencapai 1 meter namun tidak mengakibatkan korban jiwa.

“Untungnya saya bersama masyarakat masih bisa membantu menyelamatkan warga dan beberapa barang yang masih bisa diselamatkan ke rumah tetangga yang tidak terdampak banjir,” ucap Risman.

Sementara ini, kata Risman, korban banjir tidak di evakuasi dan masih berada dirumah masing-masing karena air yang menggenangi rumah warga mulai surut.

“Warga korban banjir masih stanby di rumah masing-masing karena hujan sudah redah dan airnya mulai surut. Untuk sementara ini korban jiwa nihil dan kerugian materil masih sementara pendataan,” terangnya.

“Untuk sementara ini, di jalan poros Amondo ada sekitar 10 rumah yang terendam banjir dan saya masih mengecek lagi yang lain, karena barusan saya dapat informasi lagi dari warga yang tinggal dilorong ada sekitar 20 rumah yang juga ikut terendam,” tambah Risman.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *