Ruksamin Dinilai Figur Ideal Memimpin Semua Golongan dan Etnis Sulawesi Tenggara

Oyisultra.com, KENDARI – Ruksamin, sebagai bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan tagline, Selalu Hadir Untuk Rakyat Sultra “SELARAS” dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Sultra kedepannya.

Bupati Konawe Utara (Konut) dua periode ini sudah malang melintang dalam dunia organisasi. Saat ini, Ruksamin menjabat sebagai Koordinator Presidium MW KAHMI Sultra, Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Sultra dan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (DPW PBB) Sultra.

Midul Makati SH MH menilai, Ruksamin adalah figur yang sangat ideal untuk memimpin semua golongan etnis di Sulawesi Tenggara.

Sebab, menurut Midul, Sultra membutuhkan pemimpin yang mampu membawa harmoni dan persatuan di tengah keragaman budaya dan etnis yang ada.

Kepemimpinan inklusif ini tidak hanya mengutamakan kepentingan satu golongan, tetapi juga memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat Sultra, tanpa memandang latar belakang etnis satu dengan yang lainnya.

Dalam konteks yang multikultural seperti Sulawesi Tenggara, lanjut Midul, kemampuan Ruksamin untuk menggandeng dan memahami kebutuhan, serta aspirasi berbagai suku, etnis dan budaya merupakan aset berharga yang dapat membawa kemajuan dan keberlangsungan harmoni di wilayah Sultra.

“Memimpin dengan membangun dialog yang inklusif, menghargai keragaman budaya, dan memperjuangkan kesetaraan etnis, akan menjadi landasan yang kuat dalam memajukan Provinsi Sultra ini ke arah yang lebih baik,” ujar Midul Makati kepada media ini, Jumat (29/3/2024).

Sebagai pemimpin yang menyuarakan nilai-nilai persatuan, Ruksamin memiliki potensi untuk menjadi tonggak transformasi positif dalam menjembatani visi dan memperkuat ikatan sosial antar etnis di Sulawesi Tenggara. Dengan keberpihakan yang adil dan kebijakan yang inklusif, Ruksamin dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang merata bagi semua masyarakat, serta membangun fondasi yang kokoh untuk kesejahteraan bersama.

Melalui pendekatan empati, kebijaksanaan dan keadilan, Ruksamin memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang mencerminkan kehendak dan aspirasi seluruh golongan etnis di Sulawesi Tenggara.

“Memimpin dengan integritas, kesetiaan, dan visi yang inklusif, Ruksamin akan dapat menciptakan kerangka kerja yang mengakomodasi kepentingan bersama, menjaga kerukunan antar etnis, dan mengukuhkan kedudukan Sulawesi Tenggara sebagai contoh keberagaman yang dikelola dengan bijak dan harmonis kedepannya,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *