Pemilu 2024, Gerindra Potensi Dua Kursi Dapil Konsel – Bombana

Oyisultra.com, KENDARI – Rapat Pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu Hotel di Kecamatan Ranomeeto berakhir, pada Selasa (5/3/2024). Perolehan suara untuk Calon legislatif di Konsel dimenangkan Partai Golkar dengan raihan 43.371 dari delapan Caleg dan suara Partai.

Sementara caleg yang meraih suara terbanyak adalah Caleg Nomor Urut 1 Hj Nurlin Surunuddin Dangga dengan raihan suara 22.304 suara. Namun demikian dari raihan suara terbanyak tersebut masih harus menunggu raihan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara oleh KPU Bombana untuk penentuan dua kursi atau lebih.

Sementara itu Partai Gerindra meraih suara terbanyak kedua di Konawe Selatan dengan raihan suara 24.508 suara. Adapun caleg yang meraih suara terbanyak hasil pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 lalu adalah Caleg nomor urut 2 Hj Hasmawati atau biasa dipanggil Hj Cemma. Suara yang diraih sebanyak 7455 di 1000 TPS di Konsel.

“Hasil Pemilihan legislatif tahun ini Gerindra yang meraih dua kursi. Itu setelah digabung dengan hasil pleno di KPU Bombana yang menyebutkan, bila Gerindra meraih suara terbanyak,”ujar Hj Hasmawati kepada awak media.

Menurut anggota DPRD Konsel ini, raihan suara oleh seluruh caleg Partai Gerindra, jika digabung antara perolehan hasil di Konsel dan Bombana mencapai 50 ribuan lebih dan peraih suara terbanyak didapatkan caleg nomor urut 3 H A. Syarifuddin.

“Namun demikian untuk perolehan kursi akan ditetapkan oleh KPU berdasarkan hasil pleno rekapitulasi yang dilaksanakan oleh penyelenggara. Kita ini tinggal menunggu saja hasil,” katanya singkat.

Sementara itu Ketua DPC Partai Gerindra Konsel H Muhlis membenarkan, jika partai besutan H Prabowo Subianto di Konsel dan Bombana telah dimenangkan dengan raihan dua kursi. Meski di Konsel Gerindra dikalahkan oleh Partai Golkar, tetapi di Bombana menang.

“Berdasarkan informasi dan bukti hasil perolehan suara, Partai Gerindra Dapil Konsel Bombana dimenangkan Caleg Gerindra dan meraih dua kursi. Namun semua ini akan diserahkan sepenuhnya oleh KPU dan menetapkannya,” katanya saat ditemui terpisah.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *