KKN 40 Hari di Laonti, Mahasiswa UGM Mendapat Apresiasi dari Bupati Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Namu, Batu Jaya dan Desa Malaringgi Kecamatan Laonti.

Apresiasi dan terima kasih disampaikan Bupati Konsel dua periode ini saat menghadiri perpisahan KKN-PPM UGM 2023-SG008 yang dirangkaikan kegiatan festival dengan tema “Pesona Konsel, Semarak Wisata Kemilau Budaya, di Desa Namu Laonti, Sabtu (3/2/2024).

“Atas nama masyarakat tiga desa, saya selaku Bupati Konsel mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada adik-adik mahasiswa yang telah melakukan pengabdian kepada warga desa kami selama 40 hari,” ungkap Bupati Surunuddin.

Surunuddin berharap, ilmu yang telah diaplikasikan kepada masyarakat mampu memberi banyak manfaat bagi kemajuan masyarakat di tiga desa tersebut.

“Saya berharap dari hasil KKN mahasiswa ini nantinya dapat menjadi rekomendasi bagi pemerintah kabupaten dalam mengambil kebijakan pengembangan daerah, khususnya di sektor pariwisata,” harap Surunuddin.

Menurut Surunuddin, para mahasiswa KKN dapat lebih memahami tentang kondisi sosial dan ekonomi masyarakat desa, sehingga mahasiswa dapat menciptakan beragam kreativitas yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

“Terima kasih juga telah membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi-potensi yang ada di daerah ini. Melalui kegiatan ini potensi tersembunyi yang ada di desa ini dapat digali oleh mahasiswa,” jelasnya.

“Disinilah salah satu peran penting mahasiswa dalam pembangunan, dan kiranya dapat memberi motivasi bagi masyarakat untuk berkembang lebih maju, baik secara sosial maupun ekonomi,” sambung Surunuddin.

Surunuddin menjelaskan, kehadiran mahasiswa di masyarakat telah menginspirasi dan mengajarkan warga untuk memiliki cita-cita, menjadi pribadi yang lebih baik.

“Meskipun daerah tiga desa ini dulu dikategorikan terisolir namun saat ini telah memiliki akses jalan darat. Olehnya itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga serta merawat potensi kita yang ada,” pesannya.

Surunuddin optimis infrastruktur yang telah dibangun pemerintah saat ini dapat meningkatkan kemajuan desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“PR kita bersama hari ini, bagaimana mendatangkan orang untuk berwisata di wilayah kita ini,” pungkasnya

Sedangkan, perwakilan Rektor UGM DR dr Rustamaji juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pemda Konsel atas penerimaan selama melaksanakan KKN. Ia juga mengucapkan permohonan maaf jika selama ini ada kelurangan.

“Dalam Pelaksanaanya KKN PPM-UGM juga berkolaborasi dengan Universitas Haluoleo (UHO) Kendari,” katanya.

Dia berharap semoga kerja sama antara UGM dan Pemda Konsel dapat terus terjalin, bahkan kelangsungan persaudaraan antara mahasiswa KKN dan masyarakat dapat terus terjaga.

Untuk diketahui, dalam festival tersebut juga menampilkan penampilan tari piring dan tari kreasi dari anak-anak Desa Namu, pameran UMKM hasil olahan masyarakat yang merupakan binaan mahasiswa KKN, serta pertukaran cenderamata antara Pemda dan UGM.

Selain Bupati Surunuddin turut hadir dalam kegaiatan tersebut, Ketua TP-PPK Hj Nurlin Surunuddin, Sekda Hj St Chadidjah, sejumlah pimpinan OPD, Camat Laonti Papalaki, dan Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Laonti.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *