Teken MoU dengan Investor Cina, Smelter dan Pabrik Kelapa Sawit Bakal Dibangun di Konawe Selatan

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Tahun 2024 ini di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dibangun smelter atau pabrik nikel dan pabrik kelapa sawit.

Rencana pendirian dua pabrik berskala besar ini disampaikan langsung oleh Bupati Konsel H Surunuddin Dangga saat menggelar konferensi pers, di Kantor Bupati Konsel, Rabu (17/1/2024).

“Insyaallah di Konawe Selatan akan dibangun pabrik nikel (Smelter) dan pabrik minyak kelapa sawit. Kepastian pembangunan dua pabrik ini, setelah pemerintah daerah (Pemda) melakukan penandatangan kerja sama Memorandum of understanding (MoU) di Beijing China beberapa waktu lalu,” ujar Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode ini yang didampingi Sekda Hj Sitti Chadidjah, Kepala Dinas DPM PTSP, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) I Putu Darta, Kepala Bappeda Sadjudin Idris, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Supla Yuda, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H Saribana, Kepala Dinas Kesehatan dr Boni L Pramana dan Kepala DPKAD Konsel H Nisbarurahim mengatakan bahwa, dengan dibangunnya dua pabrik besar di Konawe Selatan ini, lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik lagi.

“Bila pabrik ini telah dibangun, pastinya lapangan kerja akan terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat Konawe Selatan. Termasuk hasil perkebunan masyarakat seperti kelapa sawit bakal terjual dengan baik dan langsung terkelola dengan baik dan di pabrik menjadi minyak,” kata Surunuddin.

Orang nomor satu di Konsel ini berharap, MoU Pemda dengan investor asing dari Cina yang telah terlaksana dapat segera terealisasi, sehingga masyarakat dapat menikmatinya. Pastinya pemerintah daerah selalu bekerja untuk kesehjateraan masyarakat dan kemajuan daerah.

“Harapannya dua pabrik ini segera dibangun dan tentunya masyarakat Konsel menjadi tenaga kerja. Termasuk hasil perkebunan kelapa sawit tidak lagi dijual di luar wilayah Konsel, tetapi hasilnya segera dinikmati masyarakat Konawe Selatan,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *