Musim Hujan, Dinkes Konawe Selatan Imbau Warga Waspadai Penyakit DBD

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Masyarakat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta untuk mewaspadai penularan penyakit Demam Bardarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Pasalnya, akibat musim hujan pada awal tahun 2024 ini penyakit menular tersebut telah mewabah termasuk di Konsel. Pemerintah daerah (Pemda) Konsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terlebih dahulu telah melakukan antisipasi dengan kesiapsiagaan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Pementah telah melakukan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai munculnya wabah DBD. Untuk itu pemerintah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan sejumlah upaya termasuk pemberian abate kepada warga. Selain itu kesiapsiagaan Puskesmas dan Rumah Sakit juga demikian,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr Boni L Pramana disela-sela konferensi pers bersama sejumlah awak media di Kantor Bupati Konsel, Rabu, (17/01/2024).

Menurut Dokbon (panggilan Akrab dr Boni L Pramana) wabah penyakit DBD di wilayah Konawe Selatan khususnya di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit telah dilakukan penanganan medis sehingga dapat tertangani dengan baik, termasuk kesiapan rawat inap, jika ada warga yang tertular penyakit DBD.

“Seluruh Puskesmas di wilayah Konsel telah memberikan imbauan untuk mewaspadai DBD. Kepada warga diingatkan untuk melakukan bersih-bersih pekarangan. Menutup bak ai dan barang bekas yang biasa tempat berkembang biak jentik nyamuk. Membuang sampah pada tempatnya dan lainnya,” katanya.

Terkait kesiapan perawatan untuk penanganan pasien yang terinfeksi DBD, mantan Dirut RSUD Konsel ini mengaku selalu siap, mulai perawatan, pengobatan dan lainnya.

“Semua Puskesmas dan Rumah Sakit selalu siap sedia untuk memberikan pelayanan kesehatan, termasuk jika ada pasien yang terjangkit DBD,” pungkasnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *