Lantik Pengurus Lima DPC, Andri Darmawan: KAI Sultra Semakin Solid

Oyisultra.com, KENDARI – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kota Kendari, Kabupaten Buton, Konawe, Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka masa bakti 2023 – 2028 resmi dilatik dan dikukuhkan, bertempat di Hotel Claro Kendari, Minggu (19/11/2023).

Acara pelantikan ketua dan pengukuhan pengurus DPC KAI 5 (lima) kabupaten kota tersebut diawali dengan penampilan Tari Lariangi dari Sanggar Seni DNart Kendari.

Presiden KAI, Adv H Tjoetjoe Sandjaja Hernanto SH MH CLA CIL CLI CRA dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam sebuah oranisasi ketua itu adalah pembimbing bagi anggotanya untuk berjalan 1 langkah kedepan, bukan hanya mengajari bicara panjang lebar tentang perjalanan seribu langkah.

Kemudian, lanjut Tjoetjoe, menjadi ketua itu harus mampu memimpin para anggotanya baik kawan maupun lawan. Tidak bisa hanya memimpin kawan saja terus lawannya tidak dipimpin.

“Seperti mengurus kartu, kalau kawan diurus. Tapi kalau lawan tidak diurus, sebaiknya semua diurus baik lawan maupun kawan,” pesannya.

Selain itu, dihadapan seluruh pengurus KAI Sultra dan tamu undangan yang hadir, Tjoetjoe juga menyampaikan, bahwa pemimpin itu adalah energi buat anggotanya.

“Saya mengerti betul ketika Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI Sultra, mas Andre memimpin KAI Sultra yang hanya berjumlah 3 orang anggota. Saat itu ketika beliau (Andre) meminta saya datang ke Kendari yang hanya memiliki anggota 3 orang. Saya bilang, jangankan bertiga. Saya sampaikan, mas Andre sendirian sja saya datang,” ujarnya.

Namun saat ini, KAI Sultra adalah KAI yang perkembangannya paling cepat. Sekarang anggotanya sudah hampir mendekati 200 (dua ratus) orang dari 3 orang.

Presiden KAI, Adv H Tjoetjoe Sandjaja Hernanto saat foto bersama dengan jajaran pengurus DPD KAI Sultra, DPC dan tamu undangan usai acara pelantikan

‘Saya sangat bangga. Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi teman-teman DPC. Karena mas Andre lebih banyak mengurus dirinya sendiri (KAI Sultra), dibandingkan mengurus DPP KAI. Ini adalah pelajaran bagi teman-teman DPC, dari pada anda sibuk menilai pekerjaannya DPD sebaiknya anda sibuk mengurus DPC anda sendiri. Besarkan KAI di tempat saudara jangan sibuk urus pekerjaannya DPD, karena DPD sudah bisa mengurus dirinya sendiri, nanti saya (DPP) yang awasi,” tegasnya.

Dalam mengakhiri sambutannya, Tjoetjoe kembali meminta DPC untuk bekerja membesarkan KAI di daerah masing-masing, dan nanti yang mengawasi, mengontrol dan membimbing adalah pengurus DPD.

“Pokoknya bekerjalah untuk membesarkan KAI di tempat saudara, tidak perlu bersusah payah menjelaskan tentang apapun itu, tugas anda hanya bekerja. Sebab, pendukung anda tidak perlu penjelasan anda, sedangkan lawan anda tidak akan pernah mengerti dengan penjelasan anda,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD KAI Sultra Adv Andri Darmawan SH MH CLA CIL CRA menjelaskan, bahwa pelantikan kelima DPC KAI ini membawahi beberapa daerah yang ada di Sultra yang berjumlah 17 kabupaten kota.

Daerah yang dibentuk ini adalah daerah-daerah yang penduduknya sudah ramai, seperti DPC Kota Kendari dengan membawahi Muna dan Muna Barat (Mubar), DPC KAI Kolaka mengorganisir Kolaka Utara (Kolut) dan Kolaka Timur (Koltim).

Kemudian DPC Konawe mengorganisir Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kabupaten Konawe Utara (Konut). “Selanjutnya DCP KAI Konsel berdiri sendiri, serta DPC KAI Buton mewadahi semua daerah di kepulauan, yakni Kota Baubau, Buton Selatan (Busel), Buton Tengah (Buteng), Wakatobi kemudian Kabupaten Bombana,” jelas Andre.

Rangkaian pelantikan dan pengukuhan ini, kata Andre, telah dilaksanakan sejak Agustus lalu dengan melaksakan konferensi cabang (Konfercab) di lima daerah.

Kegiatan konfercab hingga kegiatan pelantikan hari ini, lanjutnya, berjalan lancar. Ini menandakan KAI Sultra semakin solid, sehingga pihaknya akan semakin bergerak ke depan dalam menata organisasi KAI di Sultra.

Sesuai Undang-Undang Advokat, bahwa organisasi advokat dibentuk untuk meningkatkan kualitas advokat. Sebagai Ketua DPD ia mengharapkan pengurus DPC yang telah dilantik agar dapat bersinergi dengan DPD untuk meningkatkan kualitas advokat, khususnya dalam mengorganisir advokat KAI agar selalu diberikan arahan dan pengawasan.

“Advokat kita ini harus selalu tunduk dan patuh dalam menjalankan profesi sesuai dengan kode etik dan peraturan perundng-undangan, termasuk terus mangikuti pendidikan lanjutan dalam meningkatkan kualitas profesinya. Anggota terus di awasi, di pantau dan dilaporkan kepada DPD bagaimana perkembangannya dalam menjalankan profesi. Karena kode etik profesi ini harus dijunjung tinggi. Jangn sampai ada yang bermasalah hukum, karena akan menjadi beban kita bersama, makanya kita harus saling menjaga dan mengingatkan,” pungkas Andre.

Berikut daftar pengurus DPC KAI periode 2023 – 2028 :

Kota Kendari, Adv Nurmi Erawati SH (Ketua), Adv Taufik SH (Sekretaris), Adv Puspita Sri Ningsih SH MH (Bendahara)

Kabupaten Konawe Selatan, Adv Dedi Arman SH MH (Ketua), Adv Aminudin SH MH (Sekretaris), Adv Ajemang SH.I (Bendahara)

Kabupaten Kolaka, Adv Edo Hermanto SH MH CIL (Ketua), Adv Gunawan Wibisono SH (Sekretaris), Adv Anhar SH (Bendahara)

Kabupaten Konawe, Adv Asrul Muhammad SH CMLC (Ketua), Adv Purwansyah Hakim SH (Sekretaris), Adv Mardin SH (Bendahara)

Kabupaten Buton, Adv Apri SH CIL CMLC (Ketua), Adv Wahyu Saputra SH (Sekretaris), Adv Sarpina SH (Bendahara)

Penulis : MAN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *