SMAN 2 Kusambi Muna Barat Gelar PTA dan Musyawarah Ambalan Periode 2023-2024

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Gugus Depan (Gudep) Mandala Sangia Pangkalan SMAN 2 Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) melaksanakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Pembina upacara dalam kegiatan ini adalah Kepala Sekolah SMAN 2 Kusambi, La Ode Saidin S.Pd, Sabtu (23/9/2023).

Acara ini merupakan salah satu kegiatan pramuka tahunan guna menerima dan meresmikan tamu ambalan menjadi bagian ambalan pramuka penegak Gudep Mandala Sangia Pangkalan SMAN 2 Kusambi. Serta, diharapkan dapat memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas antar Pembina, Dewan Ambalan, dan para tamu ambalan.

Kegiatan ini didahului dengan rapat Dewan Ambalan, dengan membahas kegiatan pramuka yang merupakan ekstrakulikuler wajib.

Kepala Sekolah SMAN 2 Kusambi, La Ode Saidin mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka melaksanakan salah satu program tahunan yaitu Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) sesuai dengan adat Gugus Depan SMAN 2 Kusambi.

“Kegiatan PTA ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu (23-24 September 2023), yang diikuti oleh semua adik Kelas X dan didampingi oleh Pembina di lapangan upacara sekolah,” ujar La Ode Saidin.

Selaku Mabigus SMAN 2 Kusambi, La Ode Saidin melakukan penyematan tanda peserta PAT pada perwakilan adik Kelas X.

Dalam kesempatan tersebut, Mabigus berpesan agar kegiatan PAT diikuti dengan sungguh-sungguh, jaga kesehatan, dan segala kebutuhan pribadi dilakukan secara mandiri.

“Kami berpesan kepada Pembina Pramuka (La Malu S.Pd.I) untuk melatih tamu Ambalan agar memiliki jiwa kepemimpinan, sifat gotong royong, disiplin, tolong menolong dan selalu mengingat Tri Satya Parmuka, sehingga memiliki karakter yang baik yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

PTA ini, lanjut Saidin, bertujuan untuk memberikan pengenalan Pramuka SMA Negeri 2 Kusambi kepada adik-adik. Sebagai kepala sekolah harus tergerak, bergerak dan menggerakkan agar semua potensi yang ada pada siswa dimaksimalkan dan dikembangkan sesuai dengan moto guru penggerak.

“Sebagai kepala sekolah SMAN 2 Kusambi yang berasal dari Guru Penggerak. Dalam kurikulum merdeka, bahwa pembelajaran itu harus berpihak dan berpusat pada murid, sehingga saya selaku kepala sekolah betul-betul menerapkan pembelajaran yang berpusat dan berpihak pada murid,” tambahnya.

Untuk diketahui, acara dilanjutkan dengan Musyawarah Ambalan dalam rangka pemilihan Ketua dan pembentukan pengurus Ambalan masa bakti 2023 – 2024.

Penulis : EBIT VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *