Jelang Pilkades dan Pemilu 2024, Polres Konawe Selatan Imbau Warga Jaga Kamtibmas

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Polres Konawe Selatan (Konsel) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar acara ngopi bareng bersama warga di wilayah hukumnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Seksi Pengawasan Polres Konsel, AKP Musra bersama pemerintah desa (Pemdes) dan tokoh masyarakat Desa Wonuaraya, Kamis (7/9/2023).

AKP Musra menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menampung dan mendengar keluhan masyarakat yang dihadapi, agar dapat diberikan solusinya secara tepat dan cepat. Kami juga mengimbau kepada warga agar tetap menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkades serentak 2023 dan Pemilu 2024.

“Dikawatirkan terjadi gesekan antara simpatisan pendukung cakades dan partai Politik. Maka dari itu perlunya kerja sama antara masyarakat dan Polri khususnya Polsek Baito dalam menjaga Sitkamtibmas agar tetap aman dan kondusif,” jelasnya.

Adapun keluhan masyarakat dalam kegiatan curhat dan ngopi bareng ini, yaitu Kades Wonuaraya Rokiman mengeluhkan banyaknya warga yang gagal panen disebabkan karena serangan hama tikus.

Sementara, Sekdes Wonuaraya Nur Efendi mengeluhkan seringnya terjadi laka lantas di bundaran tugu Desa Wonuaraya karena mengganggu jarak pandang pengendara, dan perlunya diadakan sosialisasi tetang berkendara yang baik dan benar.

Menanggapi hal itu, AKP Musra menyampaikan kepada Pemdes Wonuaraya agar berkoordinasi dengan Dinas Pertanian tentang penanggulangan hama tikus, supaya kedepannya para petani bisa panen secara maksimal.

“Dan penanggulangan hama tikus tersebut tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi hewan ternak masyarakat sekitar,” katanya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konsel tentang pelaksanaan penyuluhan tata cara berkendara yang baik dan benar dengan harapan tidak terjadi lagi laka lantas.

“Terkait dengan tugu pihak Polsek Baito akan mengumpulkan tokoh-tokoh masyarakat untuk mencari solusi tentang keberadaan tugu tersebut dilihat dari sisi asas manfaatnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan curhat dan ngopi bareng ini berakhir pukul 11.45 Wita, kegiatan berjalan aman dan kondusif. Ngopi bareng Polres Konawe Selatan ini bertujuan untuk mengajak kepada pemerintah desa serta tokoh masyarakat, agar dapat bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Mendengarkan permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat serta menjalin komunikasi dan silaturahmi, dengan harapan masyarakat tidak mudah terpropokasi dengan pemberitaan hoaks menjelang Pilkades serentak tahun 2023 dan Pemilu tahun 2024,” pungkasnya.

Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *