Wakil Jaksa Agung: Kejaksaan Punya Peran Strategis dalam Forkopimda

Oyisultra.com, JAKARTA – Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2022 tentang Forum Komunikasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) secara virtual di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Dr Sunarta memberikan materi “Peran Strategis dan Kontribusi Kejaksaan dalam Forkopimda.

Sunarta menyampaikan, bahwa Undang-Undang RI Nomor 11 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan telah mengamanatkan Kejaksaan sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewajiban diantaranya, untuk menjaga dan menegakkan kewibaan serta harus terlibat sepenuhnya dalam pembangunan di segala aspek.

Selanjutnya, Sunarta menambahkan, ketentuan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2021 selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2022 tentang Forum Komunikasi Pimpinan di Daerah yang pada pokoknya menjelaskan pelaksanaan tugas pemerintahan umum harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan hal tersebut, dengan mempertimbangkan seluruh tugas pemerintahan umum yang memiliki dimensi dan akibat hukum, maka Kejaksaan memiliki peran strategis dalam Forkopimda melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya,” ujar Wakil Jaksa Agung, Dr Sunarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual yaitu perwakilan Tentara Nasional Indonesia (TNI), perwakilan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), perwakilan Kemenkopolhukam, perwakilan Badan Intelijen Negara (BIN) dan perwakilan Kepolisian RI dengan peserta kegiatan adalah anggota Forum Koordinasi Pimpinan di Daaerah (Forkopimda) seluruh Indonesia.

Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *