Pamflet Dugaan Terlibat Program Fiktif Pengadaan Buku dan Pupuk, Kajari Konsel: Itu Fitnah

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Pekan lalu telah beredar di grup-grup WhatsApp pamflet yang bertuliskan seruan aksi copot Kajari Konsel atas dugaan keterlibatan dalam dugaan program fiktif pengadaan buku dan pupuk di seluruh desa di Konsel TA 2022-2023.

Serta, periksa Kepala Dinas PMD Konsel dan anak Bupati Konsel yang diduga sebagai dalang atas dugaan program fiktif tersebut yang merugikan DD puluhan miliar.

Menanggap hal itu, kepada awak media ini Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Konsel, Hj Herlina Rauf SH MH merasa heran dan kaget dengan beredarnya pamflet tersebut.

Herlina menegaskan, bahwa Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel tidak pernah berurusan dengan pengadaan buku dan pupuk.

“Kejari Konsel tdk pernah berurusan dengan pengadaan buku dan pupuk, bisa di klarifikasi dari mana sumbernya, krn slama ibu bertugas d konsel tdk pernah berurusan dengan SKPD apalagi mau berurusan proyek,” tegasnya via WhatsApp, Rabu (31/5/2023).

Ia menambahkan, bahwa jangankan berurusan, program pengadaan tersebut tidak diketahuinya.

“Bahkan ibu tdk tau kalau ada proyek pengadaan buku dan pupuk. Itu adalah fitnah,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan, Annas Mas’ud. Pihaknya juga membantah pada pamflet yang bertuliskan seruan aksi tersebut.

“Intinya apabila kegiatan pengadaan buku dan pupuk fiktif tahun 2022 tentunya datanya sudah ada di Inspektorat Konsel, karena pihak Inspektorat secara reguler melakukan pemeriksaan kegiatan APBDes,” ungkapnya.

Menurut Anas sapaan akrabnya, apabila kegiatan pengadaan buku dan pupuk tahun 2023 dikatakan fiktif disebabkan saat ini Dana Desa baru cair tahap pertama 40℅. Mungkin saja baru sedang proses belanja atau mungkin saja belum belanja karena pengadaannya dianggarkan pada tahap ll.

“Pengadaan untuk tahun 2023 belum dapat disimpulkan fiktif karena masih proses atau bisa saja belum belanja,” tutupnya.

Penulis : DIN
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *