Pemkab Mubar Bakal Diganjar Penghargaan UHC dari Kementerian PMK

Oyisultra.com, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) bakal menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Dalam undangan khusus yang diterima Pemkab Mubar, penghargaan dianugerahkan karena Mubar saat ini memiliki Universal Health Coverage (UHC) hingga 100 persen.

Rencananya penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023) mendatang dan akan diterima langsung oleh Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri.

Terkait hal itu, Dr Bahri mengatakan, memang saat ini Pemkab Mubar telah menjaminkan biaya kesehatan seluruh masyarakat Mubar melalui BPJS Kesehatan kelas III secara gratis.

“Terkecuali peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pekerja Penerima Upah (PPU). Peserta PBI, telah terdaftar dan dibayarkan melalui APBN. Sedangkan PPU telah dibayarkan melalui APBD melalui BPJS kesehatan,” kata Bahri, Sabtu (11/3/2023).

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Mubar juga akan menyiapkan program diluar pelayanan BPJS yakni Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), disabilitas dan bayi baru lahir. “Semoga hal ini dapat bermanfaat terutama bagi kesehatan generasi dan masyarakat Mubar pada umumnya,” bebernya.

Diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Penulis : E. VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *