Rektor UKPM Siap Dukung Pemda Muna Tingkatkan Produksi Petani Jagung

Oyisultra.com, MUNA – Rektor Universitas Karya Persada Muna (UKPM) Prof. Usman Rianse siap mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Muna dalam meningkatkan produksi pertanian jagung.

Prof. Usman menyampaikan, bahwa pihaknya meyakini dengan apa yang telah dibangun oleh Pemda Muna saat ini. Seperti halnya, pembangunan pabrik jagung akan dapat memberikan harapan baru bagi petani yang ada di Kabupaten Muna.

“Memang kita tidak punya apa-apa yang ada dibawah tanah, tapi Insyaallah kita bisa sukses dengan kebersamaan kita, ” ujar Prof Usman Rianse.

Mantan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) ini berjanji, siap membantu dan menyukseskan program kerja pemerintah daerah, dan itu bukan untuk kepentingan dirinya tapi untuk masyarakat yang berada di tanah kering ini.

“Saya melakukan ini karena dulu itu ada ketidakadilan dalam bertani jagung, sehingga dengan adanya program pemerintah ini memberikan sedikit harapan untuk masyarakat Muna,” katanya.

Ia juga mengajak para kepala desa (Kades) untuk mulai bertani dan memberikan dukungan kepada Bupati Muna, dan kalau bisa program ini bukan menjadi program Bupati tapi menjadi program masyarakat, jadi siapapun bupatinya bisa tetap dilanjutkan.

“Saya punya gagasan dengan sistem yang akan digunakan dengan membagi kelompok setiap desa, nanti dibina langsung oleh Universitas Karya Persada Muna dengan dibuat pola tanamnya, dari 124 desa di Kabupaten Muna kalau dibagi 1 hektar tiap desa, itu yang akan menjadi petani binaan yang dipimpin langsung kepala desa,” terangnya.

Selanjutnya, dirinya akan kerja sama dengan petani-petani milenial, yang mana hal tersebut akan dilahirkan dari beberapa kampus yang ada di Kabupaten Muna, utamanya dari Universitas Karya Persada Muna dan Sekolah Tinggi Pertanian Muna (STIP Muna).

“Saya mengakui dengan segala keterbatasan yang kami miliki di kampus, tentu kita akan tetap memberikan dukungan, kedepan juga kalau bisa kita akan berkomunikasi membangun kerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO),” tutupnya.

Penulis : E. VERNANDA
Publisher : FITRI F. NINGRUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *