Jelang HUT ke-63, Pemkab Konawe, Gelar “Mosehe Wonua” Sucikan Wilayah

Oyisultra.com, KONAWE – Menjelang perayaan HUT ke-63, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Mosehe Wonua (Tradisi Suku Tolaki) di halaman kantor Bupati Konawe. Kegiatan tersebut dilakukan setelah melakukan siarah (Mobubusi) pada Makam Raja Lakidende, Jumat (24/2/2023).

Anggota DPRD Konawe Sekaligus Ketua DPD LAT (Lembaga Adat Tolaki) Konawe, Abdul Ginal Sambari menjelaskan, kegiatan Mosehe Wonua adalah tradisi suku Tolaki yang berbentuk ritual dengan bertujuan meminta kepada sang pencipta agar mensucikan tempat atau wilayah.

“Untuk suku Tolaki mosehe ini sangat tinggi nilainya, karena artinya adalah mensucikan diri, wilayah atau daerah,” jelasnya.

Lanjut Ginal, jika dalam pelaksanaan pemerintahan ada terjadi kesalahpahaman baik itu antar kelompok maupun pribadi melalui acara Mosehe ini bersama-sama kita meminta kepada sang pencipta agar semua disucikan.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan adat Mosehe tersebut terus dilakukan oleh masyarakat Konawe, karena menurutnya, kegiatan tersebut tidak melanggar syariat keagamaan karena inti dari acara meminta pada sang pencipta agar dijauhkan dari segala marabahaya.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) menerangkan, dengan pelaksanaan Mosehe tersebut ia berharap agar kabupaten Konawe terhindar dari segala bentuk pertikaian dan perpecahan serta banyak investasi yang masuk di Konawe.

“Mari kita sama-sama berdoa agar Allah SWT memunculkan lagi kekayaan alam kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu, banyaknya sumber daya alam yang ada di Kabupaten Konawe, Kery berharap agar tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah serta orang tua selalu memperhatikan sekolah anaknya sehingga SDA dapat dikelolah dengan baik.

Pihaknya juga meminta kepada guru di Kabupaten Konawe agar lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan sehingga SDM Konawe mampu bersaing dengan masyarakat luar Konawe.

Diketahui, setelah pelaksanaan adat Mosehe pemerintah kabupaten melakukan pembagian beras dan daging sapi pada masyarakat Konawe serta memberikan santunan kepada siswa/siswi pondok pesatren Hidayatullah.

Kegiatan ini juga turut dihadiri, Sekda Konawe Ferdinand, Kapolres Konawe, Ahmad Setiadi, Ketua Pengadilan Negeri Unaaha, Anggota DPRD Konawe, OPD serta Forkopimda.

Penulis : R. PAHLAWAN
Publisher : MAHIDIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *